Cegah Plagirisme: Prodi S1 Manajemen Langsungkan Workshop

sedang menyusun skripsi maupun proposal. Dalam mencegah plagiarisme Program Studi (Prodi) S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi (Fekon) melaksanakan workshop Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalam Penulisan Karya Ilmiah, dengan mengangkat tema “Ada Apa dengan Plagiasi?” yang diadakan di ruang Senat Fekon pada Jumat (01/03).

Ditemui reporter media Tadulako Harnida W Adda SE MA PhD menjelaskan kalau program untuk peningkatan kompetensi mahasiswa sudah dilaksanakan beberapa tahun kebelakang, hanya saja tema yang diangkat berdasarkan isu yang relevan.

“Di Prodi S1 Manajemen sebelum seminar proposal maupun skripsi akan dicek plagiasi, setelah workshop ini mungkin nanti akan diadakan workshop tentang teknis-teknis,” jelas Harnida.

Ketua prodi S1 Manajemen juga menuturkan pengadaan workshop ini agar mahasiswa memahami teknis cek plagiarisme, agar ke depannya tidak ada lagi mahasiswa yang buru-buru menyusun proposal ataupun skripsi tanpa mencantumkan sumber.

“Kita bantu memfasilitasi agar setidaknya kita 30% aman dari plagiasi, atau setidaknya mahasiswa sudah bisa lebih paham tentang hukum plagiasi dan resiko yang dapat terjadi akibat plagiasi,” tutur Harnida.

Dalam materinya Dr Junia SE MM redaktur elektronik jurnal menjelaskan bahwasannya plagiarism bukan sudah menjadi suatu kebiasaan yang sering kita jumpai bahkan sejak masih usia anak-anak.

“Dari masih kecil kita akrab dengan istilah menyontek, anak-anak yang sejak kecil terbiasa menyontek sebenarnya sudah bisa disebut dengan plagiator, bukan nanti menjiplak full usulan penelitian atau proposal baru disebut plagiato,” jelasnya.

Beliau juga menuturkan bahwasannya untuk meningkatkan integritas akademik serta menciptakan budaya baru tidak hanya di prodi S1 Manajemen ataupun Fekon Untad tapi setiap perguruan tinggi wajib melakukan program pencegahan plagiasi.

“Kenapa kita wajib melaksanakan program pencegahan plagiasi? Karena plagiasi ini memiliki kebijakan dalam hukum baik pada Undang-undang nomor 19 tahun 2000 tentang Hak Cipta, Surat Dirjen Dikti Nomor 1311/D/C/2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi dan kebijakan-kebijakan lainnya,” jelas Dr Jurni SE MM.

Plagiasi merupakan tindakan yang melanggar hukum melalui adanya workshop tentang plagiasi ini, Dr Jurni SE MM berharap agar mahasiswa dapat lebih mengerti tentang plagiasi dan tata cara pencegahan plagiasi agar budaya plagiasi pelan-pelan dapat hilang. Adr