ON MIPA BUKAN HANYA AJANG BAGI MAHASISWA MIPA

Keterangan Foto: Peserta seleksi ON MIPA ketika mengerjakan soal tes seleksi (Foto: Ahmad Fauzan/MT)

ON MIPA yang merupakan ajang bergengsi di berbagai Perguruan Tinggi ini, kembali dilaksankan seleksi tingkat Universitas di FKIP pada sabtu (09/03). Peserta tiap tahunnya  pun selalu berasal dari FKIP dan FMIPA. ON MIPA sebenarnya merupakan ajang terbuka bagi setiap mahasiswa di berbagai jurusan yang masih mengandung ilmu eksakta di dalamnya, seperti Pertanian, Teknik hingga Kehutanan dan Kedokteran.

Ketua panitia seleksi ON MIPA, Purnama Ningsih SPd Msi PhD, menyampaikan bahwa mindset terhadap peserta yang boleh mengikuti ON MIPA harus berasal dari Jurusan ataupun Prodi MIPA itu harus dirubah. “Mungkin banyak yang belum tau bahwa ON MIPA ini bukan hanya mahasiswa yang berasal dari jurusan atupun prodi MIPA saja, tapi justru dibuka bagi siapa pun mahasiswa yang mau atau berminat di bidang sains, yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, unutk dapat berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini. Sehingga sangat penting dalam mengubah pola pikir seperti itu,” ucapnya.

Ningsih juga menyampaikan bahwa peluang yang diperoleh pada setiap mahasiswa yang mengikuti lomba tersebut sama, walaupun dari Fakultas atau jurusan lain selama masih berhubungan dengan sains. “Karena setiap mahasiswa mempunyai bakat berbeda-beda, misalnya ada mahasiswa yang berkecimpung di bidang teknik, namun dia memiliki bakat atau minat di bidang sains sehingga peluang untuk mendapat juara di Olimpiade ini sama untuk setiap peserta, entah dari fakultas apapun itu selama masih berkaitan dengan ilmu eksakta,” imbuhnya.

Tidak sama seperti tahun kemarin yang hanya memiliki waktu selama 4 hari dalam melakukan persiapan, kali ini ON MIPA telah dipersiapkan secara matang dan terorganisir. Soal-soal yang dibuat pun mengacu pada soal-soal pada tingkat nasional.

“Tahun kemarin kami hanya dikasih waktu selama 4 hari, karena memang Fakultas MIPA yang selalu memegang tender waktu itu belum siap karena ada suatu kendala. Sehingga memang persiapan  yang dilakukan seadanya saja waktu itu, seperti  dosen pembuat soal hanya berasal dari FKIP. Namun tahun ini kami melibatkan juga Dosen dari FMIPA sehingga persiapannya benar-benar matang,” jelasnya.

Menariknya ditahun ini, ada beberapa Fakultas yang melaksanakan seleksi tingkat Fakultas sebelum memasuki tingkat Universitas. “Seleksi yang diadakan hanya 3 tahap, seleksi tingkat Fakultas, Regional, kemudian  Nasional. Namun ada beberapa Fakultas yang terlebih dahulu menyaring mahasiswanya, agar mahasiswa yang dianggap mampu bisa dibimbing supaya bisa lebih berpotensi untuk lolos ke tahap selanjutnya, karena di tahun kemarin memang hanya satu orang perwakilan untad yang lolos ke tingkat nasional di bidang ilmu biologi,” ungkapnya.

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here