Lakukan pelatihan kepemimpinan, KINESIK terima 78 anggota baru

(Jumat, 5/03) – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KINESIK), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Tadulako (UNTAD) baru saja melakukan kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMTD). Dengan tema “Membangun Integritas Kepemimpinan Dalam Era Milenial”. Kegiatan pembukaan pelatihan dilaksanakan di gedung BTF 21 sebagai awal dari agenda LKMTD ini sendiri. Kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa komunikasi angkatan 2018 ini dibuka langsung oleh Dr Ilyas, ketua Prodi Ilmu Komunikasi.

Dalam sambutannya, Dr Ilyas menyampaikan harapannya terhadap anggota baru Kinesik dalam hal berorganisasi. Ia berharap Kader-kader yang nanti akan memimpin mempunyai kemampuan yang mumpuni, kreatif, dan berintegritas untuk kemudian membawa kineisk menjadi organisasi yang terpandang di tingkat Universitas.

“Bagi organisasi kemahasiswaan, proses kaderisasi merupakan salah satu upaya menumbuhkan generasi baru. Kinesik perlu kader-kader yang mumpuni, kreatif, dan berintegritas untuk kemudian membawa kinesik menjadi organisasi yang terpandang baik di tingkat Fakultas maupun Universitas,” ungkapnya.

LKMTD sendiri merupakan proses terakhir yang dilakukan oleh anggota baru. Setelah melalui tahap ini, secara resmi 78 mahasiswa komunikasi yang telah melakukan beberapa tahap sebelumnya telah diterima sebagai anggota baru kepengurusan 2018-2019.

Menurut laporan ketua kinesik, Ilham Romadhon, anggota baru yang lolos sampai tahap LKMTD ini berjumlah 78 orang dari 293 mahasiswa komunikasi angkatan 2018. LKMTD sendiri merupakan lanjutan dari proses penerimaan anggota baru Kinesik yang mana nanti kegiatan ini akan menjadi bekal untuk kepemimpinan selanjutnya. “Kegiatan ini merupakan salah satu proses lanjutan dari pengakaderan di kinesik, yang mana sebagai bekal anggota baru untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan dan mengurus lembaga ini kedepannya,” ungkapnya.

Pemberian materi kepada para anggota baru bertempat di Gedung Himas, Lasoani. Vikriyanto, selaku ketua panitia menjelaskan mekanisme pelatihan kepemimpinan ini sudah tersusun rapi dalam agenda acara. Kegiatan ini nantinya akan mengajarkan para anggota baru dalam hal keorganisasian. Seperti belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik, etika persidangan, persuratan, dan menejemen organisasi. Ada juga games yang akan menambah keakraban para anggota baru. Kegiatan LKMTD berlangsung selama 1 hari full, dari pukul 07.00 sampai selesai.

“Dalam kegiatanya, mereka diberi materi tentang keorganisasian. Dan untuk kegiatan pembukaan sekarang mereka diberikan 4 materi dahulu,” jelasnya. NB