Bertajuk PKM, Prodi Bahasa Indonesia Adakan Kuliah Tamu

Dalam mengikuti era revolusi industry 4.0, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad), mengadakan kuliah tamu  dengan tema “Pengembangan Kreativitas Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0” yang dilaksanakan di Theater Room, pada Jumat (15/03).

Dalam sambutannya Dr Iskandar MHum selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (Wadek Bima) FKIP Untad  menjelaskan, bahw Dewasa ini Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Untad dominan diikuti oleh Program Studi yang berkaitan dengan penelitian maupun teknologi, dan kurang diminati dari Program Studi bidang humaniora.

“Banyak mahasiswa dari prodi bahasa Indonesia yang merasa susah menemukan ide kalau dari Prodi Bahasa Indonesia karena basic kita bukan penelitian ataupun teknologi. Padahal banyak ide yang bisa mereka munculkan mengenai kebahasaan,” tutur Wadek Bima.

Dalam materinya Dr Sultan MPd, reviewer Nasional PKM Kemenristekdikti, menuturkan bahwa ukuran keberhasilan bidang kemahasiswaan diukur oleh seberapa besar prestasi mahasiswa di PIMNAS.

“Banyak mahasiswa dari prodi bahasa Indonesia khsususnya, masih sedikit yang berminat mengikuti kegiatan PKM. Padahal hanya persepsi saja, tahun lalu dari tiga tim yang menang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) dua dari prodi Bahasa Indonesia,” ujar reviewer Nasional PKM Kemenrisetdikti.

Dr Sultan juga menjelaskan kalau Indonesia baru masuk revolusi industri 4.0 atau masa revolusi informasi, sedangkan Negara Jepang sudah berada di revolusi industry 5.0, dan salah satu hal yang dapat membantu adalah melalui PKM.

Keterangan Foto: Dr Sultan MPd ketika menyampaikan materinya (Foto: Adrian/MT)

“Kita masih mengejar profesi abad 20 seperti polisi, guru dan sebagainya, sedangkan memasuki abad 21 sudah banyak profesi baru yang muncul seperti web developer, makeup artist dan lainnya,” jelas Dr Sultan. Adr