English for Further Studies Tingkatkan Kualitas Dosen UNTAD

Keterangan foto: pembukaan English for Further Studies (foto: Vivi/MT)

 

UPT Bahasa UNTAD kembali menggelar pelatihan Bahasa Inggris, yang ditujukan bagi para dosen yang akan dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikannya. Kegiatan yang dilaksanakan selama 5-25 April tersebut, dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama  (Warek Banjas) di aula Pusat Bahasa UNTAD, pada Jumat (5/04).

Dalam sembutannya, Warek Banjas, Prof Mery Napitupulu MSc PhD menyampaikan apresiasinya kepada UPT Bahasa yang tetap bersemangat melaksanakan kegiatan tersebut, meskipun dengan tenaga yang terbatas.

“Saya salut dengan perjuangan ketua dan staf pusat bahasa yang berusaha agar semua dosen bisa berbahasa Inggris. Mereka merancang apa yang bisa mereka lakukan untuk mewujudkan itu, meskipun stafnya terbatas dan merancang agar dosen bisa melanjutkan kuliah keluar negeri,” ungkap Prof Mery.

Prof Mery berharap agar semua dosen yang telah didelegasikan oleh Dekan di fakultasnya masing-masing, dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik dan mampu menjaga semangatnya untuk belajar dari awal hingga akhir kegiatan.

“Satu hal yang kami minta dari waktu ke waktu, Bapak dan Ibu harus eager to succes, karena kalau tidak eager, susah berhasilnya. Language is passion. Kalau tidak eager, biasanya hari ini datang besok tidak datang,” harapnya.

Menurutnya, semua dosen terutama dosen muda, harus memiliki semangat untuk terus melanjutkan pendidikannya  di Perguruan Tinggi  terbaik dan tidak malu-malu untuk mempraktikan kemampuan bahasanya.

“Sekarang jangan bilang lagi yang penting sekolah, karena kalau masih umur 20 sampai 30, harusnya punya semangat. Dan jangan peduli dengan orang yang bilang berbahasa Inggris itu terlalu ke barat-baratan, jangan langsung merasa malu,” ujarnya.

Ia pun menyarankan kepada UPT bahasa, agar dalam kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan selanjutnya, sebaiknya disampaikan melalui web. Agar para dosen yang ingin terlibat dapat mengisi google form dan tidak perlu menunggu delegasi, karena dekan yang mendelegasikan juga tidak tahu passion dosen-dosennya.

Abdul Kamaruddin PhD, selaku ketua UPT Bahasa mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dosn-dosen yanga ada di UNTAD, agar dapat mencapai standar yang diharapkan  untuk studi lanjut baik dalam maupun luar negeri.

“Kemampuan bahasa Inggris selalu dipersyaratkan oleh universitas tujuan maupun untuk beasiswa. ssehingga kami berharap dengan kegiatan ini, paling tidak memotivasi teman-teman dosen untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya,” tutur Ketua UPT Bahasa tersebut.

Program tersebut dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan selama 1 bulan. Harapannya 22 dosen yang telah didelegasikan dari 11 fakultas tersebut, dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin.Vv

 

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here