Expo Sulawesi Tengah 2019 Humas Untad Bersama UKM Robotech Tadulako Raih Penghargaan

Keterangan Foto: salah seorang tim Robotech Tadulako saat menunjukkan jenis-jenis robot kepada pengunjung (Foto: Akhmad Usmar, S.Sos)

Universitas Tadulako (Untad), diwakili Humas Untad yang bekerjasama dengan UKM Robotech Tadulako raih penghargaan pada Expo Sulawesi Tengah (Sulteng) 2019 pada Selasa s.d Sabtu (9-13/04) di Sirkuit Panggona, Kelurahan Talise Valangguni.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-55, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar kegiatan Expo Sulteng, yang berlangsung selama 5 hari. Pada Expo tersebut, Untad berhasil menyabet penghargaan kategori Keindahan, Kerapian, dan Pengunjung terbanyak.

Kasubag Humas Untad, Husniati S Sos mengungkapkan bahwa Expo Sulteng 2019 merupakan kali pertama Humas Untad terlibat. “ Di tahun ini Humas dipercayakan mewakili Universitas Tadulako dalam mengikuti kegiatan Expo Sulteng 2019. Meski pertama kali, alhamdulillah kami dapat membawa pulang penghargaan kategori Keindahan, Kerapian, dan Pengunjung Terbanyak,” ungkap Husniati.

Husniati menambahkan, dalam persiapan Expo tersebut, Humas Untad telah melakukan persiapan satu bulan sebelum pelaksanaan Expo. Dengan waktu persiapan 30 hari, Humas Untad telah mematangkan segala persiapan. Sehingga tidak heran jika Untad meraih penghargaan tersebut.

“Persiapan kami itu sebulan sebelum kegiatan. Dari situ kita sudah membahas mengenai topik, konsep, hingga titik penempatan stand pameran yang strategis bagi pengunjung. Kami juga bekerjasama dengan UKM Robotech Tadulako dalam upaya menarik minat pengunjung,” imbuhnya.

Husniati juga menuturkan, terkait pemilihan UKM untuk bekerjasama, Humas Untad melihat rekam prestasi UKM itu sendiri selama 2018. Ditambah UKM yang dipilih adalah UKM yang sejalan dengan konsep yang diusung.

“Kami melihat UKM yang paling menonjol di tahun 2018 ialah Robbotech Tadulako. Sehingga kami bekerjasama dengan mereka, mereka menampilkan berbagai robot, yang tentunya sangat menarik dikalangan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, dilansir dari mercusuar.web.id, I Made Rupawan, Ketua UKM Robotech Tadulako mengatakan bahwa selain menyajikan berbagai macam robot seperti robot tari, pemadam, dan sepak bola, dibuka juga layanan printing foto dalam bentuk 3D.

“Semua robot hasil karya mahasiswa Robotech Untad dipajang di stand pameran di arena Expo Sulteng. Selain itu kami juga menyediakan layanan cetak foto 3D sesuai selera konsumen,” ujar I Made rupawan.

Selain itu, Ia juga meminta doa serta dukungan dari seluruh pihak khususnya masyarakat Sulawesi Tengah, karena di tahun ini Robotech Tadulako kembali mengikuti Kontes Robot Indonesia 2019 di Mataram. AFT