Himpunan Mahasiswa Statistika Statistikawan Dituntut Paham Bahasa Pemrograman R

Keterangan Foto: suasana ketika penyampaian materi (foto: dok. panitia)

Himpunan Mahasiswa Statistika (Himastika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako (Untad), menggelar pelatihan Bahasa Pemograman R, pada Sabtu (06/04), dengan menghadirkan Iman Setiawan Ssi MSi sebagai pemateri.

Pemograman R merupakan suatu bahasa pemograman dan perangkat lunak dalam menganalisis data statistika. Pemograman R ini menyediakan berbagai teknik statistika  seperti permodelan linier dan non-linier, uji statistik klasik, analisis deret waktu, klasifikasi, klasterisasi, dan sebagainya. Sehingga Pemograman R ini sangat penting untuk diketahui oleh mahasiswa statistika.

Ketua Himastika, Ashari Ramadhan mengatakan bahwa pemograman R ini dapat digunakan dalam mengatasi aplikasi atau software berbayar sehingga dapat digunakan secara gratis.

“Secara umum,  aplikasi atau software yang digunakan dalam mengolah data statistik itu terbagi dua, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Nah, agar supaya kita bisa menggunakan aplikasi berbayar tadi secara gratis, Pemograman R ini bisa menjadi solusinya,” ujarnya.

Jika terdapat suatu masalah atau error pada aplikasi pemograman R ini, banyak situs yang tersebar di internet yang memuat cara untuk mengatasinya. Sehingga memudahkan mahasiswa dalam mengolah data nantinya. Selain itu, seorang statistikawan juga dituntut unutk menguasai bahasa pemograman R tersebut.

“Karena pemrograman ini dikembangkan bukan hanya satu perusahaan saja. Karena itu, ketika ada masalah saat menggunakannya, mudah mencari solusi. Sementara bagi mahasiswa tingkat akhir di Prodi Statistik, dituntut untuk menggunakan program R ini dalam membuat skripsi nantinya,” lanjutnya.

Sementara itu dalam materinya, Iman Setiawan SSi MSi menjelaskan bahwa yang terpenting pada pemrograman R adalah pemanfaatannya. ia juga menyampaikan bagaimana dalam pembuatan aplikasi berbasis web yang sederhana walaupun masih menggunakan server gratis.

“Yang paling penting yakni dalam pemanfaatan pada pemrograman R ini.  Seperti dalam spasial data analisis, contohnya pembuatan peta. Karena selama ini sering digunakan ArcGIS, yang lebih kearah ilmu-ilmu fisika dan geofisika. Nah pemrograman R ini memang basic untuk seorang statistikawan,” jelasnya. AFT

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here