Magister Ilmu Pertanian Siapkan Mahasiswa Publikasi Jurnal Bereputasi

Guna meningkatkan kapasitas dan kualitas tulisan mahasiswa, Prodi (Program studi) Magister Ilmu-Ilmu Pertanian melaksanakan workshop teknik penulisan KTI, pada Minggu (10/03) di Ballroom Hotel Santika, Palu.

Pada kegiatan tersebut, diberikan 3 materi yang meliputi, Pengenalan Kiat Menulis di Jurnal Internasional oleh Prof Dr Ahmad Maryudi, guru besar UGM yang juga merupakan editor dan reviewer jurnal internasional, dengan h-index 15 dan pengenalan dan penggunaan Reference Manager dalam penulisan ilmiah.

Dilansir dari laman http://untad.ac.id, dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana Untad, Prof Dr Alam Anshary MP menyampaikan bahwa menulis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap Mahasiswa Magister.

Ket foto: foto bersama oleh Prof Dr Ahmad Maryudi dan Nur Edy PhD, setelah penerimaan materi (Arif/Humas UNTAD)

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang baik membutuhkan ketekunan, serta perlu adanya kolaborasi untuk mendapatkan hasil maksimal, terutama untuk publikasi jurnal.

“Berbicara tentang publikasi jurnal, untuk bisa terindeks Scopus dari sudut pandang saya, penelitian yang cepat terindeks Scopus ataupun Sinta kebanyakan lolos dari Penelitian yang berkolaborasi sehingga lebih maksimal dari segi kualitas tulisan dan keilmuannya,” tuturnya.

pemateri ke-2, Nur Edy PhD saat di wawancarai via whatsApp (04/03) mengatakan bahwa terdapat banyak keuntungan jika menggunakan Reference Manager dalam hal ini aplikasi Mendeley.

“Dengan program ini, kita lebih mudah dalam menambahkan dan mengedit sitasi dan membuat daftar pustaka otomatis, mengimpor kutipan dari banyak data base, mengekstrak metadata dari PDF yang diimpor, berkolaborasi dengan peneliti lain secara online, mencari dan memukan makalah ilmiah dan jurnal yang relevan berdasarkan bidang ilmu, mengatur referensi menggunakan grup, tag, dan filter,” terangnya.

Saat ditemui di ruangannya, lantai 1 gedung A Pascasarjana Untad (05/04), Dr Ir Hafsah MSc selaku ketua Prodi Ilmu Pertanian yang sekaligus ketua pelaksana workshop tersbut, mengungkapkan bahwa tujuan pelaksaan kegiatan tersebut tidak lain adalah meningkatkan kualitas tulisan mahasiswa dan publikasi jurnal.

Ia melanjutkan, bahwa dari 80 peserta workshop tersebut, tidak hanya mahasiswa, tetapi juga tenaga pengajar dari 4 konsentrasi di prodi tersebut, yakni Ilmu Tanaman, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan.

“Pesertanya ada dari mahasiswa dan dosen juga, khususnya yang mengajar teknik penulisan Karya Ilmiah. Agar nantinya tidak tumpang tindih antara materi yang disampaikan pemateri dan yang mereka sampaikan di kelas,” tandas Dr Hafsah. Vv

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here