Seminar PKM 2019 PKM Lolos Tingkat Nasional, Diupayakan Bebas Skripsi

Keterangan foto: Dr Ir Fadly Y Tantu MP saat menyampaian materi seminar (Foto: Minda /MT)

Kamis(14/03) – dalam acara pembukaan seminar PKM 2019 yang bertempat di Gedung Research Center, Prof Dr H Djayani Nurdin MSi, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (Wadek Bima) menerangkan Untad sedang mengupayakan ketentuan bebas skripsi untuk mahasiswa yang berhasil lolos PKM tingkat Nasional. Hal ini dianggap perlu, mengingat persaingan lolos proposal PKM yang kian sulit.

“Kami mengupayakan mahasiswa yang lolos PKM untuk dibebaskan dari tulisan skripsi. Kami sudah mengusulkan ini ke Kementrian, untuk mereka yang lolos proposal PKM itu diberikan rekomendasi tidak perlu menyusun skripsi. Kami tahu bahwa perjuangan kalian bersaing itu tidak mudah, bersaing dengan mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia itu susah, jadi kami menghargai itu,” terang Prof Djayani dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Prof Djayani mengatakan kompetisi PKM semakin ketat. Hal ini disebabkan karena banyaknya universitas yang mendaftar PKM sementara anggaran menurun. Sehingga dilaksanakanlah seminar PKM untuk memfasilitasi mahasiswa agar kemampuan untuk menyusun proposal meningkat dan dapat mengharumkan nama Tadulako.

“Jumlah Perguruan Tinggi pendaftar semakin lama semakin meningkat, namun anggaran kini menurun. Sehingga proposal yang lolos akan terbatas. Kompetisi akan semakin ketat. Maka melalui kegiatan seperti ini, kami memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menyusun proposal. Ini untuk keberhasilan kalian sebagai mahasiswa, bukan hanya menyusun proposal, tetapi sekaligus mengharumkan nama Tadulako di kancah Nasional,” lanjutnya.

Sementara itu, Dr Ir Fadly Y Tantu MP mengatakan PKM dilaksanakan untuk menciptakan generasi-generasi yang kreatif untuk pembaharuan yang lebih baik.

“PKM ini ada karena sangat diharapkan bagaimana menata, bagaimana menyiapkan mahasiswa untuk menghasilkan pembaharuan, dan dapat membentuk generasi emas yang kreatif,” ungkap Dr Fadly.

Dalam materinya, Fadly Y Tantu menjelaskan ada delapan bidang PKM yang dapat diikuti mahasiswa, yakni Bidang Penelitian (PKM-P), Bidang Kewirausahaan (PKM-K), Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), Penerapan Teknologi (PKM-T), Karsa Cipta (PKM-KC), Artikel Ilmiah (PKM-AI), Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK),” jelas pemateri seminar siang itu. Md

 

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here