Awarde BU Harapkan jumlah Pendaftar Beasiswa Bertambah

Keterangan Foto : Foto bersama peserta dan award BU (Foto: dok. panitia)

Minimnya informasi menjadi penyebab utama kurangnya penerima Beasiswa Unggulan (BU) Universitas Tadulako (Untad). Dilatar belakangi hal tersebut, awarde BU Untad menggelar sosialisasi dengan tema “Menggapai Cita, Meraih Asa, Menaklukkan Beasiswa” di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada Sabtu (27/04).

Awarde BU jenjang S1, Sahrul Ramadhan mengatakan bahwa BU merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa S1 dan S2 di seluruh Indonesia yang berprestasi di berbagai bidang. Akan tetapi, peminat beasiswa asal KEMENDIKBUD itu, masih sangat kurang, terutama di Sulawesi Tengah (Sulteng) akibat minimnya informasi yang didapatkan.

“BU merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Nah, di Untad mahasiswanya banyak, tapi awarde-nya sedikit, di angkatan kami saja, hanya ada sekitar 20 mahasiswa yang jadi awarde, karena informasi yang kurang. Padahal, kami yakin mahasiswa Untad itu mampu bersaing untuk meraih BU. Sehingga  itulah yang melatarbelakangi kami, untuk melaksanakan sosialisasi ini,” tuturnya.

Sahrul melanjutkan, ia berharap melalui sosialisasi tersebut akan banyak mahasiswa yang mendaftar BU. Sehingga, jumlah penerima BU di Untad akan bertambah, karena menurutnya BU memberikan banyak manfaat bagi penerimanya.

“Harapan saya, melalui kegiatan ini, akan lahir awarde baru yang dapat berkontribusi untuk memajukan Indonesia dan meningkatkan akreditas Untad. Karena dengan menerima BU, banyak manfaat yang kita dapatkan, baik dari segi finansial maupun hal lain. Kalau kata saya, hanya nyawa yang tidak ditanggung beasiswa ini,” terangnya.

Ia menambahkan, bagi mahasiswa yang ingin mendaftar ataupun mengetahui informasi terkini tentang BU, dapat mengikuti instagram @BU_Untad. Selain, ia pun menyampaikan, bahwa para awarde siap menjadi fasilitator bagi calon pendaftar.

Senada dengan Sahrul, awarde BU di Pascasarjana Untad, Moh Aras menyampaikan bahwa sebagai Awarde, mereka bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi terkait beasiswa tersebut. Karena semakin banyak yang mengetahui, maka semakin banyak pendaftar dan semakin besar pula peluang diterima.

“BU memang belum terlalu populer, tapi BU sebenarnya sudah lama ada. Perlu kalian tahu bahwa estimasi anggaran untuk beasiswa ini banyak sekali. Jadi, usahakan kita dari Sulteng bisa merebutnya, jangan hanya mahasiswa dari Jawa. Selama ini mereka banyak yang diterima, karena banyak pendaftarnya,” tandasnya. Vv

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here