Giatkan Minat Kepenulisan, BRM Laksanakan FDI

Keterangan Foto: Fahri SSi MSi, ketika sedang membawakan materi (Foto: dok. panitia)

Melalui Forum Diskusi Ilmiah (FDI), Badan Riset Mahasiswa (BRM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Untad, tingkatkan pengetahuan kepenulisan ilmiah mahasiswa. Forum yang dilaksanakan Selasa (30/04) malam di Pinbuk Kafe, Kota Palu itu, mengulas tips dalam menulis artikel ilmiah

Dalam materinya, Fahri SSi MSi menyampaikan bahwa menulis merupakan sarana komunikasi dan perekam sejarah. Menulis menurut Fahri menggunakan teknik menggabungkan data dan ide. Selain itu, hal yang sangat penting dalam menulis ialah membuat outline.

“Tulisan itu sarana komunikasi juga merekam sejarah. Dalam kepenulisan, menulis suatu artikel ilmiah itu tantangannya sangat besar.  Untuk menjadi tulisan yang bagus, perlu menggabungkan data-data, ide-ide. Juga yang paling penting adalah membuat outline atau garis-garis besar sebuah tulisan. Ini seperti kerangka sebuah tulisan agar mempermudah dalam penyusunan,” jelas dosen asal Biologi FMIPA itu.

Tulisan yang bagus, lanjut Fahri ialah tulisan yang memuat tujuan penulisan. Selain membuat tulisan sederhana, membangun mitra dalam menulis merupakan syarat bagi penulis pemula.

“Kemudian tulisan yang bagus adalah tulisan yang memuat tujuan. Untuk mempermudah kerja kita sebagai penulis pemula, kita perlu membangun mitra dengan dosen atau dengan senior kalian yang sudah memiliki tulisan. Selain itu, jika kalian menulis, kalian harus membuat sesederhana mungkin. Jangan suka membuat istilah yang tidak mudah dimengerti,” lanjut Fahri.

Sementara, Rina Hardianti selaku ketua umum BRM mengatakan FDI itu akan di follow up kembali melalui pertemuan selanjutnya. Rina berharap melalui FDI itu, saintis Tadulako dapat meningkatkan perannya dalam penelitian dan karya tulis ilmiah.

“Dua minggu ke depan kami agendakan kembali untuk pertemuan kedua. Harapannya, dari kegiatan FDI ini, kita sebagai saintis yang memiliki basic ilmiah bisa mengambil peran di kehidupan masyarakat. Salah satunya dengan melakukan penelitian dan membuat karya tulis ilmiah yang berkualitas. Selain itu, forum ini juga kami harapkan bisa melahirkan saintis yang bisa kritis dan melek dengan fenomena-fenomena di lingkungan sekitar, sehingga semangat dan motivasi membuat karya tulis ilmiah itu meningkat,” ujar Rina. Md

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here