Maksimalkan Sistem Pembelajaran, LPPMP Pusbang PMPP Hadirkan PEKERTI

Keterangan Foto: Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS saat membawakan materi strategi peningkatan kualitas pendidikan tinggi (Foto: Dok Panitia)

PEKERTI atau Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Instruksional, merupakan pelatihan yang diperuntukan bagi seluruh Dosen Universitas Tadulako (Untad), yang bertujuan untuk melatih dalam merancang, mendesain dan membingkai suatu sistem pembelajaran agar menghasilkan proses pembelajaran yang baik serta optimal. Pelatihan yang dilaksanakan di Media Center tersebut dihadiri oleh 38 dosen yang mewakili setiap fakultas serta dosen dari kampus II Untad, yang berlangsung selama 8 hari, (22-29/04).

Saat ditemui di ruang kerjanya, Koordinator Pusat Pengembangan dan Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran (Pusbang-PMPP), Dr Marungkil Pasaribu MSc, mengatakan bahwa yang melatarbelakangi pelatihan ini ialah belum maksimalnya sistem pembelajaran yang diterapkan oleh setiap dosen di Untad. Selain itu,  PEKERTI menjadi salah satu syarat dalam memperoleh Sertifikasi Dosen.

“Pada dasarnya, dosen-dosen itu belum paham bagaimana cara mengemas suatu proses pembelajaran serta cara penyampaian materi yang dibawakannya kepada mahasiswa. Salah satu persyaratan agar mendapat Sertifikasi dosen ialah Dosen tersebut harus professional, sedang tujuan akhir PEKERTI yaitu menjadikan dosen yang professional, maka Sertifikat yang dikeluarkan dapat dijadikan persyaratan dalam memperoleh Sertifikasi Dosen,” ucapnya,” ujar Dr Marungkil.

Marungkil juga mengungkapkan bahwa ujian semester haruslah diambil dari tugas-tugas yang telah diberikan selama proses pembelajarn. “Dalam evaluasi penilaian disetiap capaian RPS, dibuktikan dengan tugas-tugas yang akan diberikan kepada mahasiswa, ujian UTS dan UAS pun harus diambil dari tugas tersebut, sehingga mahasiswa tidak beranggapan mengenai soal ujian yang tidak pernah disampaikan sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Dr Achmad Herman SSos MSi menyampaikan bahwa PEKERTI dilaksanakan dua kali dalam setahun yang nantinya dilanjutkan dengan pelatihan Apllied Approach (AA). “PEKERTI kali ini merupakan angkatan pertama di tahun ini, dan pelatihan selanjutnya yakni AA, pelatihan ini merupakan angkatan pertama di tahun ini,” ungkapnya

Ia berharap kepada dosen yang telah mengikuti pelatihan ini dapat merancang sistem pembelajaran sesuai dengan aturan yang telah disampaikan pada pelatihan. “Saya dan seluruh panitia berharap agar dosen yang telah mengikuti pelatihan ini bisa lebih berkembang dalam menyusun sistem pembelajaran, terutama dalam merangkai Rencana Pembelajaran Studi (RPS),” harapnya.  AFT