Prodi Administrasi Publik Laksanakan Diaolog Akademik

Rabu (15/05) – Prodi (program studi) Ilmu Administrasi Publik bersama HIMAP (Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik), hadirkan pemateri ahli bidang pemerintahan dan wirausaha dalam dialog akademik yang bertema, “Peluang dan Tantangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Publik dalam Konteks Birokrasi Pemerintahan dan Wirausaha,” di gedung aula FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Dalam materinya, wirausaha di era digital, H Karman Karim SH MH mengatakan usaha dalam dunia digital sekarang ini sangat cepat dilakukan. Agar dapat mencapai kesuksesan dalam berwirausaha, menurutnya penguasaan bahasa inggris, mampu menyelesaikan masalah, dan menepati janji merupakan syarat yang harus dipenuhi.

“Sekarang buka usaha online dapat dilakukan hanya dengan beberapa menit, asalkan bisa menguasai, menekuni dan mau belajar bahasa inggris. Wirausaha itu kumpulan permasalahan. Sedangkan sukses adalah menyelesaikan masalah. Jadi jika ingin sukses dalam berwirausaha, maka kumpulkanlah masalah-masalah lalu selesaikan. Selain itu, untuk meraih kesuksesan hal yang harus dipenuhi adalah janji. Jangan berbohong. Terkadang setelah sukses tantangan kita adalah, jika berkata benar orang mengira kita berbohong namun jika kita berbohong orang akan percaya,” singkat enterpreneur Sulawesi Tengah itu.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Prodi Administrasi Publik, Dr Ani Susanti MSi dan dibuka langsung oleh Dekan FISIP, Dr Muh Khairil SAg MSi itu, juga menghadirkan Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah, Dr H Hidayat Lamakarate MSi sebagai pemateri dengan materinya, Dinamika Birokrasi Pemerintah di Era Digital dapat Menyampaikan Peluang dan Tantangan Program Studi Ilmu Administrasi dalam Menyiapkan SDM Berkualitas.

“Peluang mahasiswa administrasi publik di birokrasi sangat besar, karena program studi administrasi publik mempelajari bagaimana kepemimpinan, manajemen pengambilan keputusan, pelayanan, dan sebagainya yang berhubungan dengan birokrasi,” ujar Dr Hidayat.

Sementara itu, Ketua himpunan Administrasi Publik, Tri Apfia Tahe mengatakaan dialog akademik itu diusung oleh prodi Administrasi Publik dan bekerja sama dengan HIMAP. Kegiatan itu dilaksanakan karena melihat perkembangan teknologi yang berkembang hari ini.

“Perkembangan teknologi yang semakin pesat di era digital saat ini sangat berpengaruh, baik bidang kewirausahaan maupun birokrasi, yang awalnya dikelola secara manual berubah menjadi serba online. Tentunya ini akan memunculkan peluang dan tantangan, yang memerlukan kesiapan pembelajaran sejak dini, dari sinilah prodi ilmu administrasi publik yang bekerja sama dengan HIMAP mengusung kegiatan ini,” jelas Tri Apfia Tahe. Md

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here