Tingkatkan pengetahuan PKM, Prodi Ilkom Gelar Workshop Kepenulisan dan Kewirausahaan

(Sabtu, 27/04) – Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako (FISIP UNTAD) telah sukses menyelenggarakan workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bertemakan “Bidang Gagasan Tertulis dan Kewirausahaan”. Bertempat di Gedung Senat Lama FISIP, kegiatan workshop ini dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Dr Intan Kurnia MSi, selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (Wadek Bima) FISIP, membuka kegiatan dengan mengucapkan terima kasih kepada Prodi yang menyelenggarakan workshop pelatihan PKM, karena hal ini dapat membuka kesempatan yang besar terhadap tingkat lolosnya proposal PKM ke nasional.

Keterangan Foto: suasana pemberian materi bidang kepenulisan dari Ikerniaty Sandili kepada peserta workshop (Foto: Dok. Penyelenggara)

“Saya ucapkan terima kasih kepada Prodi Ilkom yang menyelenggarakan pelatihan ini, karena dari hal ini dapat membuka kesempatan yang lebih besar terhadap lolosnya proposal PKM ke tingkat nasional,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan sarannya terhadap para peserta yang ingin ikut PKM, untuk bekerja sama dengan fakultas lain, agar proposal yang dibuat dapat berkembang dan memiliki kesempatan lolos lebih besar

“Dalam menuyusun proposal PKM sebaiknya Jangan hanya bekerjasama dengan fakultas sendiri. Namun mencoba berkolaborasi dengan fakultas-fakultas lain agar tingkat kesempatan lolos jauh lebih besar,” tutupnya.

Program kreatifitas Mahasiswa atau PKM merupakan bentuk kongkrit dari tertuangnya ide-ide kreatif Mahasiswa. Minat Mahasiswa kepada penulisan PKM dirasa perlu dikembangkan, guna menumbuhkan kreativits serta daya kompetisi karya tulis mahasiswa Untad di ranah nasional.

Koordinator program studi Ilmu Komunikasi, Dr Ilyas Lampe SSos MIkom menjelaskan bahwa kemampuan menulis dan menyusun proposal merupakan kemampuan yang sangat penting untuk diketahui dan dapat mengasah kreatifitas mahasiswa. Untuk itu juga ia berharap agar dosen-dosen dapat menjadi pembimbing untuk mahasiswa yang mengikuti PKM.

“Kreatifitas Mahasiswa harus dimulai dari kemampuan menyusun proposal penelitian. Dan saya berharap dosen-dosen Ilkom dapat menjadi pendamping untuk adik-adik kita yang berminat untuk menyusun proposal baik PKM-P, PKM-T, dan lain lain,” jelasnya.

Adapun pemateri dalam di workshop PKM tersebut yakni Citra Pusparini SH dengan materi kewirausahaan. Sementara pemateri kedua, Ir Pudji Astustiek MSi dengan materi hal-hal Teknis secara menyeluruh terkait ketentuan PKM 2019. Sedangkan pemateri ketiga yakni Ikerniati Sandili SIKom dengan materi yang berfokus pada kepenulisan.

Untuk Mahasiswa yang mengikuti program PKM ini, prodi Ilkom sendiri akan memberikan apresiasi berupa uang sejumlah 750 ribu per proposal yang terpilih. NB

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here