Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 Menristekdikti: Perguruan Tinggi Harus Bangun Pendidikan Berkualitas

Keterangan Foto: Pengibaran dan penghormatan pada Bendera Merah Putih (Foto: Ikerniaty Sandili/MT)

 

Universitas Tadulako (Untad) langsungkan Upacara Bendera dalam rangka  memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS). Upacara bendera yang diikuti oleh Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP, jajaran akademika, mahasiswa, pegawai dan staf Untad, digelar  di halaman Rektorat Untad, pada Kamis (02/05).

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengangkat tema peringatan HARDIKNAS tahun ini yakni mewujudkan “SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter”. Dijelaskan dalam pidato Prof Mohamad Nasir selaku Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, melalui sambutan Rektor Untad, Prof Mahfudz, bahwa tema tersebut relevan untuk menghadapi kondisi dunia yang berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat.

“Revolusi perangkat lunak telah mentranformasikan kegiatan ekonomi, dengan sebagian pekerjaan yang ada akan digantikan oleh 4 otomatisasi. Pergeseran ini niscaya menuntut sistem pendidikan untuk turut berevolusi menyesuaikan diri. Upacara ini mesti menjadi momentum refleksi dan mengukur langkah ke depan, bagaimana pendidikan tinggi kita mampu menjawab tantangan dan merealisasikan peluang tersebut,” jelas Prof Nasir.

Masih dalam pidato Menristekdikti, Prof Nasir mengatakan bahwa Pembangunan pendidikan berkualitas juga merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), untuk mendorong kesejahteraan semua kalangan.

“Salah satu langkah yang dilakukan diantaranya adalah membangun SDM berkualitas penduduk berusia muda dan dewasa untuk memiliki pengetahuan dan skill yang relevan, termasuk technical and vocational skills, agar 3 mampu mendapat pekerjaan layak dan memiliki jiwa kewirausahaan. Maka jelas memajukan pendidikan tinggi sama dengan kita berperan dalam implementasi SDGs untuk tujuan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pada momentum HARDIKNAS tersebut, Prof Mahfudz menyampaikan bahwa ke depan Untad akan mempunyai unit yang bekerjasama dengan perusahan penerbangan, untuk membidangi beberapa hal diantaranya pembelian tiket perjalanan masyarakat Untad, baik dosen, pegawai, maupun mahasiswa Untad yang pendanaannya terkover melalui kampus.

“Pada kesempatan ini saya mengumumkan pada bapak, ibu dosen, dan pegawai, bahwa ke depan, akan ada satu unit atau semacamnya yang membidangi biaya perjalanan bapak, ibu sekalian. Sehingga bagi bapak ibu, pimpinan unit atau ketua-ketua lembaga yang akan melakukan perjalanan dinas, unit ini akan mengurusi tiket. Ini berlaku juga mahasiswa yang mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang dibiayai Untad. Tidak hanya tiket pesawat, unit ini nantinya akan mengurus pembayaran hotel. Selain itu, pembayaran rekening listrik dapat dilakukan di unit ini. sekarang sedang diurus perizinannya,”  tandas Rektor. ikr