Darmawati Darwis SSi MSi PhD Nahkodai FMIPA

Darmawati Darwis SSi MSi PhD ungguli Dr Husain Sosidi MSi dengan perolehan suara 17 dan 12, dalam pemilihan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) masa bakti 2019-2023, pada Rabu (22/05), di Aula FMIPA.

Berdasarkan Peraturan Rektor tentang Tata Cara Pemilihan Dekan, terdapat sekitar 12 orang dosen di lingkungan FMIPA yang memenuhi kriteria. Dan dari 12 orang tersebut, hanya dua orang yang siap bertarung dalam ajang pemilihan Dekan. Kedua orang tersebut yakni, Dr Husain dan Darmawati Darwis.

Ket foto: Darmawati darwis saat menyampaikan visi, misinya (Dok. FMIPA)

DrLifSc I Nengah Suwastika MSc MlifSc, ketua panitia pemilihan, mengatakan proses pemilihan kali ini cukup efisien karena kandidat hanya berjumlah dua orang. Maka dua orang bakal calon tersebut langsung ditetapkan sebagai calon.

“Karena ada dua jadi lebih efisien. Tidak harus tahap pemilu raya, tidak harus pemilihan dari bakal calon kemudian ditetapkan sebagai calon. Jadi karena hanya ada dua, oleh senat diputuskan bahwa dua kandidat tersebut langsung ditetapkan sebagai calon,” ungkapnya.

Saat ditemui awak media terkait langkah seperti apa yang akan diambil sebagai Dekan yang baru, Darmawati menjelaskan bahwa ia akan mengambil langkah-langkah strategis, untuk mempercepat masa studi mahasiswa FMIPA. Ia juga akan mendorong penelitian dan peningkatan publikasi ilmiah.

Selain dua hal tersebut, masih menurut Darmawati, ia juga akan mendorong peningkatan layanan pada masyarakat, mendorong dosen-dosen di lingkungan FMIPA agar bisa mencapai status Profesor. Dan untuk pelayanan pembelajaran, ia akan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Dekan sebelumnya, yakni pelayanan berbasis online.

“Yang akan kita lakukan di awal itu, bagaimana mempercepat lulusan. Masalah pokok kita, lulusan MIPA masa studinya masih rata-rata lima tahun, kita mau lebih pendek dari masa itu. Jadi kita akan melakukan langkah-langkah strategis untuk memenuhi hal tersebut. Kemudian kita akan mendorong penelitian dan publikasi ilmiah karena kita tahu bahwa untuk mengukur reputasi sebuah intitusi bisa dilihat dari giat penelitian dan publikasi. Kita juga akan mendorong peningkatan pelayanan pada masyarakat sebagai bentuk pengabdian.  Juga kita akan menggenjot bagaimana dosen-dosen itu bisa terdorong untuk mencapai professor. Kemudian khusus untuk layanan pembelajaran, alhamdulillah Dekan sebelumnya telah melakukan sistem pelayanan berbasis online, yang ini akan kita pertahankan dan tingkatkan terus,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Darmawati Darwis menyampaikan harapan agar amanah yang dibebankan padanya saat ini dapat dilaksanakan dengan baik dan beliau optimis jika semua pihak terlibat berkontribusi, FMIPA akan melangkah ke arah yang lebih baik.

“Saya berharap saya mampu melaksanakan amanah ini dengan baik dan benar. Saya tahu bahwa ini tidaklah ringan, tapi dengan dukungan dari semua pihak insya Allah kita bisa membawa fakultas MIPA ke arah yang lebih baik,” tutupnya. RAM