Seameo Batch 8, 4 Universitas di 3 Negara Turut Terlibat

Ket. Foto: Pembukaan Seleksi Seameo Batch 8 (Foto: dok. Humas FKIP)

Seameo kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tadulako (Untad) dalam seleksi batch 8 program Sea Teacher yang dilaksanakan di ruangan FKIP 04, pada Rabu (26/06).

Dalam sambutannya Dekan FKIP Untad, Dr H Anshari Syafar MSc mengungkapkan bahwa kemampuan mahasiswa dari Untad dapat setara dengan mahasiswa luar anggota Seameo seperti Thailand maupun Filipina.

“Mahasiswa luar dapat belajar di sini selama satu semester, begitu juga sebaliknya, dan gradenya di akui, pada universitas di Thailand. Sehingga saya sangat yakin dengan kemampuan semua yang ada disini,” Ungkap Dr Anshari.

Dekan berharap agar mahasiswa yang nantinya terpilih dapat menjadi kebanggaan buat FKIP Untad, dan dapat terus melanjutkan prestasi lainnya. “Buat kalian yang lulus, kesempatan ini akan menjadi langkah awal dalam menapak prestasi lainnya, karena selain menambah wawasan budaya maupun literasi, program ini dapat menjadi langkah awal untuk mencari beasiswa keluar negeri lainnya,” harapnya.

Dr Rofiqoh Med selaku koordinator Seameo Untad mengatakan bahwa tahun 2019, ada 3 Negara dengan 4 Universitas yang turut terlibat pada propram ini. Keempat Universitas tersebut yakni Dong Thap University, Vietnam, Chiang Mai Rajabat University, Thailand, Don Mariano Memorial State University, Filipina dan CRRU, Thailand.

“Pada batch 8 ini, akan ada tiga Negara anggota Seameo, setelah tahun sebelumnya hanya 2 Negara,  Thailand dan Filipina. Tahun ini, Vietnam akan ikut serta menjadi tuan rumah pada program Sea Teacher. Dan saya berharap pada batch 8 Seameo Untad dapat semakin memperluas jaringan agar kedepannya akan lebih banyak Negara yang dapat menjadi tuan rumah dalam program ini,” ujar Dr Rofiqoh.

Pada Agustus mendatang, Untad akan memberangkatkan satu mahasiswa prodi Matematika, dua mahasiswa dari IPA, dan tiga mahasiswa prodi bahasa Inggris, untuk program Seameo batch 8. Selain mengirimkan enam mahasiswa, Untad juga siap menjadi tuan rumah bagi empat mahasiswa asing pada program Sea Teacher, dua dari Thailand dan dua dari Filipina Adr