Siapkan Dosen sebagai Role Model, FKIP Sosialisasikan Program Hibah Penugasan Dosen di Sekolah

Ket. Foto: Foto bersama peserta Sosialisasi PDS (dok. Humas FKIP)

Tim Hibah Penugasan Dosen di Sekolah (PDS), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tadulako (Untad), melaksanakan sosialisasi Program Hibah Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) dan Implementasi PDS di Perguruan Tinggi, di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), pada Rabu (19/06).

Ditemui reporter Media Tadulako, Dr Jamaluddin MSi selaku ketua tim hibah PDS menjelaskan kalau PDS merupakan salah satu program Kemenrisetdikti Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, dengan mengutus dosen ke sekolah sebagai role model.

“Program ini ingin menunjukkan dosen sebagai role model dalam pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah dengan bermitra pada guru sebagai pengajar yang ada di sekolah,” jelas Dr Jamaluddin MSi.

Selama penugasan di sekolah dosen akan mengajar delapan kali pertemuan dengan minimal dua kompetensi dasar, dan melaporkan hasil dari pembelajaran maupun pengajaran dalam bentuk tulisan.

“Dosen dan guru mitra bersama-sama harus menyusun instrument pembelajarannya, dalam delapan kali pertemuan, dan hasil dari pengajaran dosen di sekolah akan dibuat dalam bentuk tulisan, dalam hal ini artikel dengan guru menjadi penulis utama,” tuturnya.

Program PDS diharapkan dapat menjembatani titik kelemahan dalam pembelajaran dengan berbagi pengalaman dalam pengajaran.

“Selama ini masih banyak sekolah yang model pembelajarannya adalah ceramah, oleh karena itu dengan kedatangan dosen dalam penugasan dapat berbagi pengalaman dalam pembelajaran  baik pada siswa-siswi maupun guru mitra,” ungkap Dr Jamaluddin MSi.

Dr Jamaluddin MSi menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi diikuti oleh ketua-ketua jurusan, ketua-ketua program studi, dosen-dosen FKIP serta guru-guru pada sekolah tempat penugasan sebagai mitra dalam PDS.

“Kegiatan seperti ini patut diapresisasi, karena selain dapat menambah pengalaman dosen yang akan ditugaskan, kegiatan PDS ini dapat menambah mitra FKIP dengan sekolah baik yang ada di kota Palu maupun luar kota Palu,” ungkap Dr Iskandar MHum selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP Untad dalam pembukaannya.

Dr Iskandar MHum berharap agar kedepannya kegiatan ini dapat lebih diperbaharui dan diperluas khususnya di bidang relasi antara FKIP dan sekolah. Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here