BRM FMIPA Untad Buka Pendaftaran LKTIN

Ket. Foto: Ketua Umum Badan Riset Mahasiswa FMIPA Untad (Foto: dok. Pribadi)

Rabu (07/08) – Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTIN) yang akan dilaksanakan oleh Badan Riset Mahasiswa FMIPA Untad pada bulan September, dibuka untuk seluruh mahasiswa D3/S1 Pergururan Tinggi/Swasta di seluruh Indonesia. Dengan mengangkat tema “Milenial Berinovasi dan Berkreatifitas Dalam Mengembangkan Potensi Lokal Guna Mendukung SDG’s”.

Rahman, Ketua Panitia LKTIN, menyebutkan bahwa peserta adalah tim yang terdiri dari maksimal 3 orang mahasiswa dan satu dosen pembimbing yang berasal dari Perguruan Tinggi yang sama, mahasiswa aktif D3/S1, dan karya yang dibuat ialah karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan.

Ia juga mengatakan bahwa penutupan pendaftaran serta pengiriman karya tulis berakhir pada tanggal 20 September. “Jadi kami buka dua gelombang, gelombang pertama mulai tanggal 5 Agustus-5 September dengan biaya per tim sebesar Rp. 120.000, dan gelombang kedua dari tanggal 6 September-20 September dengan biaya per tim sebesar Rp. 150.000, selanjutnya karya-karya tersebut akan diumumkan pada 7 Oktober nanti,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rahman menuturkan bahwa hanya 10 finalis yang akan melakukan presentasi di Universitas Tadulako. ” Setelah didapatkan 10 finalis terbaik, maka peserta yang termasuk dalam 10 besar tersebut akan melakukan presentasi bertempat di  Aula Fmipa Untad,  selanjutnya kita juga adakan Seminar Nasional, Gala Dinner serta fieldtrip yang bertempat di Tanjung Karang,” tutur Mahasiswa Statistik tersebut.

Sementara itu, Rina Hardianti, Ketua Umum BRM FMIPA Untad, mengatakan bahwa program LKTIN merupakan program baru bagi BRM. Sub tema yang dibawakan terbagi beberapa bidang yakni pendidikan, lingkungan dan kesehatan, ketahanan pangan, sains dan teknologi, serta social budaya dan parawisata. “Lomba Karya Tulis Ilmiah ini perdana kita adakan semenjak dibentuknya BRM, sesuai dengan tugas kami sebagi Lembaga Riset, kami mencoba menemukan inovasi baru agar menarik mahasiswa dalam melakukan berbagai riset ilmiah. Dengan berbagai sub tema yang ada, tidak menutup kemungkinan bukan hanya mahasiswa ilmu eksakta yang dapat ikut, namun semua jurusan bisa turut serta dalam lomba ini,” ujar Rina.

Lebih lanjut ia berharap dengan adanya lomba ini dapat memotivasi seluruh mahasiswa khususnya di Untad agar lebih giat dan menyukai dalam membuat karya-karya ilmiah. “Dengan kami sebagai tuan rumah, kami berharap teman-teman di lingkungan Universitas Tadulako agar tidak mau kalah dengan Universitas lain dalam membuat karya-karya ilmiah. Teruslah berkarya demi masa depan bangsa,” tegas Rina. AFT

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here