FISIP Untad Dukung Program Sedekah Buku melalui Talkshow Literasi

Ket Foto: Peluncuran dan Peresmian Program Sabuk secara simbolis, oleh Drs Ikhwan (tengah) didampingi Dekan FISIP, Dr Muhammad Khairil S Ag MSi, Drs mellong Kasseng MSi, founder Aksara Senja, dan Ketua Panitia (foto: Dok Penyelenggara)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad), mendukung penuh program Sedekah  Buku (Sabuk) melalui acara Talkshow Literasi yang diselenggarakan oleh Komunitas Gerakan Literasi Aksara Senja, di Aula FISIP Untad pada Kamis (08/08).

SaBuk merupakan salah satu program kerja Aksara Senja. SaBuk adalah sebuah ikhtiar bersama untuk mengembangkan literasi, dengan menghadiahkan 1 buku baru yang masih bersampul pada satu siswa SMA atau siswa sekolah sasaran. Pada kali pertama, SaBuk yang niatkan rutin setiap tahun, mendistribusikan 100 buku bacaan di SMAN 1 Bangkurung, Kec Bangkurung, Kab Banggai Laut.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan peresmian launching Program SaBuk dihadiri Staf Ahli Gubernur Bidang SDM, Pengembangan Kawasan dan Wilayah, Drs Ihkwan, mewakili Pemerintah Sulawesi Tengah (Sulteng), sekaligus meresmikan Program SaBuk. Selain itu, turut hadir Dekan FISIP, Dr Muh Khairil SAg MSi, Drs Mellong Kasseng MSi selaku pemateri, serta para pegiat literasi, juga mahasiswa.

Dr Muh Khairil dalam sambutannya menyampaikan bahwa Untad sangat mendukung kegiatan tersebut, sama halnya dengan FISIP, sehingga pada kesempatan Launching SaBuk, FISIP  turut bekerja sama dengan Aksara Senja.

“Tidak ada kegiatan yang tidak mengajarkan literasi. Berbicara tentang literasi, itu berbicara tentang bagaimana cara kita berbicara, membaca, menulis, dan mendengar. Kemampuan literasi inilah yang harus kita kembangkan. Kami mengapresiasi penuh ide adik-adik, ide saudara-saudara, ide dari mahasiswa yang terus berupaya mewujudkan mimpi-mimpi melalui proses-proses literasi,” ujar Dr Muhammad Khairil.

Pada kesempatan yang sama, Dr Muhammad Khairil turut andil dalam mengumpulkan 100 buku bacaan untuk dihadiahkan pada siswa sekolah sasaran.

“Seperti yang disampaikan ketua panitia tadi, bahwa program saBuk yang sedang berjalan itu sudah mencapai enam puluh persen, maka pada kesempatan ini perkenankan saya mengambil peran untuk memberikan dua puluh persen dari total keseluruhan,” lanjut Dr Khairil.

Dalam penyampaian materinya, Ikerniaty Sandili SIkom, Founder Aksara Senja, juga salah satu speaker dalam Talkshow, mengatakan bahwa untuk menggiatkan literasi dapat dilakukan melalui gerakan-gerakan kebaikan, termasuk menghadiri kegiatan-kegiatan literasi.

“Belum lama ini senior saya pernah bilang bahwa literasi tidak hanya melulu tentang membaca, tidak melulu tentang menulis, tetapi gerakan-gerakan kebaikan, menghadiri acara-acara literasi, ikut peduli dengan apa-apa yang ada di sekitar kita juga bagian dari literasi,” terang penulis buku Di Ujung Desember itu. Md

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here