HIMATER Bersinergi Bersama Masyarakat Lewat Bakti Sosial

Ket. Foto: Kampanye gizi bersama siswa SDN Inpes Kaleke (Dok:Abd. Mastur/Himater)

Bertempat di Desa Kaleke Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi, Himpunan Mahasiswa Peternakan (HIMATER), Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako (Fapetkan Untad)  tunaikan bakti sosial yang merupakan program kerja tahunan Himater. 

Kegiatan yang dilaksanan pada Jumat s.d Minggu (02-04/08) tersebut bertajuk, “Dengan Semangat Integrasi, HIMATER Berbagi dan Bersinergi Bersama”. Tahun ini, bakti sosial Himater  mempunyai  beberapa agenda di dalamnya yakni kampanye gizi, sanitasi kandang, penyuntikan hewan ternak, penyuluhan serta penanaman makanan ternak yaitu rumput gajah.

Dr Amirudin Dg Malewa SPt Msi selaku dosen pembina HIMATER dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan ini menyatakan apresiasi terhadap Himater, karena bersedia dan mampu merencanakan dan melangsungkan kegiatan pada saat libur mahasiswa.

“Saya memberikan apresiasi se dalam-dalamnya untuk mahasiswa saya dari HIMATER yang punya jiwa besar untuk mengadakan kegiatan positif seperti ini, disela-sela libur dari kegiatan perkuliahan dengan jumlah panitia yang cukup untuk saling bekerja sama demi lancarnya kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Kaderisasi HIMATER, Abdul Mastur menyampaikan bahwa bakti sosial ini disasarankan kepada masyarakat yang dominan pekerjaannya sebagai peternak yang  berada di Desa Kaleke, sedangkan kampanye gizi dilaksanakan pada siswa kelas 1 sampai 6 di SDN Inpres Kaleke, yang berjumlah kurang lebih 86 anak.

“Untuk kegiatan sanitasi kandang, kami mengambil langkah pembersihan kandang hewan ternak terlebih dahulu. Terdapat 4 kandang warga yang dibersihkan. Hal itu dikarenakan kondisi kandang sangat tidak baik untuk ditempati hewan ternak sehingga akan muncul bibit penyakit jika tidak dibersihkan,” terang Mastur.

Lebih lanjut Mastur mengatakan, dalam mencapai Tri Darma Perguruan Tinggi yang ke-3 yaitu pengabdian terhadap masyarakat, baksos ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan masyarakat peternakan. Karena mayoritas masyarakat di Desa Kaleke ini masih menggunakan sistem yang tradisional dengan adanya penyuluhan di malam hari. Selama kegiatan berlangsung HIMATER mendapat respon positif dari masyarakat karena dapat membeikan manfaat secara langsung bagi kehidupan ternak dan lingkungan sekitar

“Masyarakat mendapatkan ilmu baru tentang dunia ternak. Selain itu, masyarakat dapat mengambil hasil dari kegiatan baksos ini yaitu penanaman bibit makanan ternak untuk diberikan pada hewan ternak. Sedangkan untuk mahasiswa, dari HIMATER sendiri dapat belajar untuk terjun langsung di masyarakat dan mempelajari hal-hal tentang peternakan yang menjadi fokus dari studi mahasiswa peternakan,” lanjutnya. Dht

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here