International Conference UNTAD dan UKM Sejumlah Dosen Untad Ikuti Konferensi International di Selangor, Malaysia

Keterangan Foto: Foto bersama tim Untad usai konferensi (foto: Ikerniaty Sandili/MT)

Bertempat di Hotel Puri Pujangga, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), sejumlah Dosen Universitas Tadulako (Untad) paparkan hasil penelitian dalam agenda International Conference On Enviromental Management And Social Sustainability, pada  Kamis s.d Jumat (01-02/08). Konferensi tersebut merupakan kali ketiga sejak tahun 2017.

Sejumlah dosen tersebut yakni dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yaitu; Dr Muhammad Nur Ali MSi, Dr Muhammad Khairil SAg MSi, Dr Andi Pansinringi MSi, Dr Haslinda Baji Anriani MSi, Dr Irwan Waris MSi, Dr Nurhannis MSi, Drs Ifran MSi, Dra Sitti Chaeriah Ahsan MSi, Drs Sudirman MSi, Dr Ilyas Lampe SSos MIKom, , dan Muhammad Ahsan Samad SIP MSi

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (Warek Biduk), Dr Muhammad Nur Ali MSi, yang turut membersamai rombongan, juga turut mendampingi Rektor Untad pada 2017 dalam menandatangani MoU Untad dan UKM, tepat ketika Dr Muhammad Nur Ali menjabat sebagai dekan FISIP

Dr Nur Ali mengatakan bahwa secara umum konferensi ini memberikan manfaat bagi peserta dari Untad. Pertama, para dosen dapat beradaptasi dan menyiapkan makalah untuk presentasi tidak hanya dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

“Kedua, semua artikel yang dipresentasikan itu, dipublikasikan dalam jurnal yang terindeks meskipun reputasinya biasa-biasa saja. Ketiga, ada juga jurnal yang susah dipublikasi di jurnal international bereputasi. Dengan kerja sama ini sudah 21 artikel yang terpublikasi,” ujar Warek Biduk.

Dr Nur Ali juga berharap, kegiatan ini ke depan dapat terus ditingkatkan. Sehingga artikel-artikel dari dosen Untad semakin banyak pula terpublikasi di jurnal internasional.

“Kami punya ekspektasi bahwa FISIP sebagai motornya diharapkan mempunyai sponsor yang besar bagi institusi Perguruan Tinggi. Kemarin sudah terbukti dari 111 artikel jurnal International, 19 dari FISIP. Harapan saya, ke depan artikel-artikel dari FISIP  kita tingkatkan,” harapnya.

Sementara itu, ditemui di sela-sela kegiatan, Prof Dr Muhammad Rizal Razman, Chairmen the organising Committee International Conference On Enviromental Management And Social Sustainability menyampaikan bahwa kerja sama antar dua Negara ini merupakan kerja sama dibawah payung ASEAN Community.

“Kita mau ke arah ASEAN Community, karenanya kita mau rintis akademiknya, satu dari daerah Sulawesi dan satu dari daerah Selangor. Atmosfir akademik hadir dalam berbagai makalah yang dipaparkan,” tutur Prof Rizal.

Senada dengan Dr Muhammad Nur Ali, Dekan FISIP, Dr Muhammad Khairil SAg MSi mengakatan bahwa pada prinsipnya pelaksanaan International Conference ini selain membangun relasi dan hubungan yang lebih luas secara International, juga tujuan utamanya adalah pada publikasi Jurnal International. “Nah ini yang terus kita pacu, semoga segala usaha kita tentu untuk pengembangan nilai akademik keilmuan yang lebih baik,” ucap Dekan FISIP.

Dra Sitti Chaeriah Ahsan MSi, yang sudah dua kali berturut-turut mengikuti Konferensi tersebut mengaku mendapat sedikit kendala. Selain itu ia juga berharap, tahun-tahun selanjutnya lebih banyak dosen Untad yang mengirimkan artikel.

“Kesulitannya terkait biaya. Harapan saya untuk konferensi yang keempat agar semakin banyak dosen-dosen di Untad yang mau mengirim artikel pada konferensi ini,” tutup Dra Sitti Chaeriah. ikr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here