Pahamkan Dinamika Kampus Sejak Dini, UNTAD Lakukan Pembinaan Kepada 1506 Mahasiswa Bidikmisi 2019

Ket foto: (dari kanan ke kiri) Dr Lukman Nadjamuddin Mhum, Rudy Gosal SE MSi (Kepala BAKP), Dr Ir Sagaf MP dan Nancy Fitriani SE MSi (Vivi/MT)

Mengusung tema “Bersama Bidikmisi, Menggapai Prestasi, Membangun Negeri”, UNTAD menggelar Pembinaan terhadap mahasiswa baru penerima Bidikmisi (BM). Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Fakultas Kedokteran tersebut, dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (Warek Bima) pada Sabtu, (14/09). 

Ketua Panitia, Nancy Fitriani SE MSi dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk seluruh mahasiswa baru penerima BM, baik jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Kegiatan yang merupakan program DIRJEN BELMAWA KEMENRISTEKDIKTI itu, dibagi menjadi 2 tahap dikarenakan kondisi infrastruktur yang belum memadai.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang ditangani langsung oleh universitas. Pesertanya ada 1506 orang yang terdiri dari  504 lulusan SNMPTN dan 1002 lulusan SBMPTN. Karena jumlah yang banyak dan mengingat sarana dan prasarana yang tidak memadai pasca gempa, maka kegiatan ini dilakukan 2 tahap. Tahap pertama (14-15/09) diikuti peserta dari 5 fakultas yaitu FKIP, FISIP, TEKNIK, Kehutanan dan FKM. Sedangkan tahap kedua (21-22/09) dari  FEKON, FAKUM, FAPERTA, FMIPA, FK dan FAPETKAN,” terangnya.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UNTAD itu melanjutkan, pada kegiatan tersebut akan diberikan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan, pembelajaran efektif, organisasi mahasiswa, sosialisasi beasiswa luar negeri, pertanggungjawaban akademik mahasiswa BM, administrasi BM, sosialisasi Bank BTN dan pengenalan HIMADIKSI. Ia berharap melalui kegiatan tersebut, peserta lebih mudah mendapatkan informasi seputar BM dan mengetahui dinamika kehidupan kampus.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (Warek Bidak) Dr Lukman Nadjamuddin MHum yang turut hadir pada kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasinya dan rasa bangga terhadap mahasiswa BM. Ia berharap mahasiswa BM dapat lulus tepat waktu dan menjadi teladan bagi mahasiswa lain di Untad.

“Anda ini orang-orang pilihan, menyisihkan sekian ribu tamatan SMA untuk mendapat bantuan BM. Kalian diharapkan bisa selesai dalam waktu 4 tahun atau kurang dari itu. Olehnya saya berharap jangan sampai kuliahnya ditunda-tunda, kalian ini cerdas dan punya kemampuan lebih, tapi kurang di ekonomi sehingga ekonominya yang di suport. Saya sebagai warek Bidak sangat berharap, kalian serius dan sungguh-sunggu kuliah, manfaatkan dan gunakan waktu sebaik-baiknya, jangan sampai lebih banyak chating daripada baca buku, jangan sampai mahasiswa BM menjadikan buku sebagai obat tidur. Saya berharap mahasiswa BM bisa menjadi teladan dan menginspirasi mahasiswa lain, mudah-mudahan ini menjadi harapan yang bisa diwujudkan,” harapnya.

Senada dengan Warek Bidak, Warek Bima, Dr Ir Sagaf MP dalam sambutannya membuka kegiatan itu, menyampaikan bahwa kedisiplinan, kemandirian, pergaulan dan organisasi kemahasiswaan adalah hal penting yang akan mempengaruhi kejiwaan dan perilaku sehari-hari mahasiswa. Olehnya, ia meminta peserta agar mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan berharap, penerima BM dapat meraih cita-cita mereka.Vv

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here