Pererat Silaturahmi, UKOF Rayakan Dies Natalis ke-21

Ket. Foto: foto bersama Pembina UKOF dan perwakilan lembaga-lembaga se-FISIP (Foto: dok. Panitia Penyelenggara)

 (Minggu, 8/09) – Unit Kegiatan Olahraga Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad) sukses menghelat Dies Natalis yang ke-21. Bertempat di Gedung Aula FISIP, Dies Natalis kali ini mengusung tema, “Dengan Semangat Sportifitas Ciptakan Ukof yang Berintegritas Sebagai Wadah Pengembangan Minat Olahraga”. Acara Dies Natalis dihadiri oleh perwakilan lembaga-lembaga se-FISIP, Pembina UKOF, serta Alumni UKOF dari tahun pertama sampai sekarang.

Sekertaris UKOF, Imelda Yunus, mewakili Ketua UKOF menjelaskan bahwa tema tersebut diambil karena dalam dunia olahraga haruslah mengedepankan sportifitas, dan integritas. Keduanya sangatlah penting untuk membangun wibawa.

“Dalam dunia olahraga itu paing identik dengan semangat sportif, bagaimana kita sebagai anak-anak olahraga menciptakan sportifitas dan integritas atau wibawa sebagai saluran untuk meningkatkan minat olahraga dilingkungan FISIP,” jelasnya.

Acara dibuka dengan sambutan Pembina UKOF, Drs Hadissudin MSi, dan dilanjutkan dengan acara potong tumpeng dan makan bersama. Untuk menjalin keakraban, dalam Dies Natalis kali ini, UKOF mengagendakan perkenalan per angkatan mulai dari tahun angkatan 1998-2018.

UKOF merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang olahraga lingkup FISIP. Namun tak hanya sebagai wadah para atlit di FISIP, UKOF juga adalah sebuah lembaga yang berdiri dan dikelola oleh mahasiswa untuk mengetahui prinsip-prinsip kelembagaan.

Untuk itu, Imelda berharap bahwa UKOF tak hanya sebagai wadah para atlit untuk menyalurkan bakat olahraganya, melainkan UKOF sebagai lembaga yang juga menjalankan fungsi-fungsi kelembagaan.

“Harapannya UKOF bukan cuman sekadar menciptakan atlit-atlit berkualitas tapi mencetak atlit-atlit yang mampu mengolah kelembagaan, karena UKOF berdiri di instansi pendidikan. Jadi bukan sekedar tahu lapangan, tetapi tahu tentang manajemen kelembagaan,” tambahnya.

Ari Rahmasyah, Ketua panitia Dies Natalis tahun 2019 menerangkan bahwa persiapan yang dilakukan cukup singkat, karena adanya waktu libur panjang. Sehingga persiapan tidak begitu maksimal, termasuk pendanaan.

“Dana yang terpakai dalam Dies Natalis kali ini bersumber dari Pembina UKOF, Panitia, Senior, bahkan dewan senior UKOF”, ujarnya.

Beberapa waktu yang lalu, UKOF juga masuk dalam tournament IAIN Cup II 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas IAIN untuk pertandingan Futsal dan meraih juara pertama. NB