Sebagai Wujud Cinta Tanah Air, LDK UPIM Selenggarakan SKB

Ket Foto: Penyerahan piagam penghargaan kepada Dekan FISIP, Dr Muhammad Khairil SAg Msi (kiri) (Foto: dok. Penyelenggara)

Menyikapi isu kebangsangaan yang tengah hangat belakangan ini, Lembaga Dakwah Kampus Unit Pengkajian Islam Mahasiswa Universitas Tadulako (LDK UPIM Untad) hadirkan menyelenggarakan Sekolah Kebangsaan (SKB) di Aula Senat FISIP Untad, pada minggu (01/09).

Dengan mengusung tema “Peran Pemuda Islam dalam Mengisi Kemerdekaan,” kegiatan ini menghadirkan tiga tokoh sebagai nara sumber, yakni Ketua Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme, Dr Muzakir Tawil Msi, Dekan FISIP, Dr Muhammad Khairil SAg Msi, dan Ketua Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Sulawesi Tengah (FSLDK Sulteng), Wandi.

Dalam pemaparan materinya, Dr Muzakir menyebutkan, permasalahan utama yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini antara lain kriminalitas, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme. Menurutnya, masalah ini sebagain besar menyasar para pemuda.

“Terlebih di era digital saat ini, merupakan era yang riskan, yang mempunyai dampak negatif maupun positif.  Mengahadapi situasi ini, hal yang penting untuk dikuatkan adalah spiritualitas. Dengan spiritualitas yang baik, menjadi modal penting bagi generasi muda untuk menghadapi berbagai tantangan di era sekarang. Sehingga anak-anakku sekalian bisa menggapai masa depan yang lebih baik,” jelas Dr Muzakir.

Pada kesempatan yang yang sama, Dr Khairil berpesan, bahwa pemuda Islam harus menjadi garda terdepan dalam merawat semangat kebangsaan. Menurutnya, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan selalu menjaga prasangka baik kepada saudara kita.

“Jangan sampai sedikit-sedikit kita menyalahkan orang lain hanya karena perbedaan pendapat. Mari kita saling menghargai dan menghormati segala macam perbedaan.

Sementara menurut Iqwaldi, acara SKB tersebut merupakan wujud kontribusi LDK dalam merawat semangat nasionalisme dan cinta tanah air. “SKB ini adalah sarana untuk menguatkan semangat nasionalisme pemuda muslim, dan juga sebagai bentuk cinta kami terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

Peserta SKB ini merupakan pengurus dan kader Lembaga Dakwah Kampus dari berbagai kampus di kota Palu yang tergabung dalam Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Sulawesi Tengah. RR

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here