Dirangkaikan Seminar Nasional, Himakim Laksanakan Pembukaan OKI 2019

Ket. Foto: Ahmad Musa SSi MSi saat memaparkan terkait bahan kimia (Foto: Rijal/MT)

Dirangkaikan dengan Seminar Nasional, Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Himakim FMIPA) Universitas Tadulako (Untad) langsungkan pembukaan Olimpiade Kimia Indonesia (OKI), pada Sabtu (05/10).

Pembukaan OKI 2019 yang berlangsung di gedung Theater Room Untad menghadirkan Ahmad Musa SSi MSi, Peneliti Kementrian Kelautan dan Perikanan RI sebagai narasumber. Turut hadir pula dalam acara pembukaan tersebut Staff Ahli Gubernur, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng.

Dalam sambutannya, Dr Lukman Nadjamuddin MHum,  Wakil Rektor  Bidan Kemahasiswaan (Warek Bima) Untad sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan olimpiade tersebut.

“Kami sangat merasa bangga dan perlu mengapresiasi kegiatan seperti ini, karena tidak hanya adik-adik peserta yang punya semangat tetapi kita semua yang hadir bisa mengikuti kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dr Lukman berharap dalam pelaksanaan OKI ini dapat lebih menjujung tinggi sportivitas, baik pelaksanaan maupun dalam penilaian olimpiade. Dr Lukman meyakini dengan jiwa tersebut menandakan jiwa seorang ilmuan yang baik.

“Karena memang ciri dari ilmuan itu adalah kejujuran, maka seperti perkataan orang, seorang ilmuan tentu termasuk dosen boleh melakukan kesalahan tapi tidak boleh berbohong itu yang harus menjadi pegangan kita,” harap Dr Lukman

Semenara itu Ahmad Musa SSi MSi, dalam materinya mengatakan ilmu kimia sangat penting dalam era teknologi saat ini. Ia juga menegaskan, perkembangan mahluk hidup utamanya manusia, tidak terlepas dari adanya peran faktor-faktor kimia.

“Dengan perkembangan industri yang pesat, kita harus menghadapi dengan inovasi. Sesuatu itu tidak terbentuk dengan sendirinya namun disebabkan oleh adanya peran dari unsur-unsur kimia,” pungkasnya.

Ketua HIMAKIM, Muhammad Junaid menerangkan, OKI ini merupakan program kerja tahunan HIMAKIM guna mempersiapkan para peserta untuk mengikuti kompetisi kimia siswa nasional.

“OKI merupakan program kerja dari HIMAKIM yang diselenggarakan dua tahun sekali. Tujuan dari OKI adalah untuk menyeleksi peserta dari berbagai sekolah menengah atas di Sulawesi Tengah yang akan menjadi perwakilan Sulteng di ajang Indonesian Chemistry Expo (ACE) di Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur mendatang,” terangnya. RR

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here