Fahutan Rangkaikan Pembubaran Panitia PKKMB 2019 dengan Bakti Sosial

Ket Foto: Kegiatan Penyuluhan Pengelolaan Hasil Pertanian dan Perkebunan Kepada Masyarakat Desa Ramba di Aula Huntara (Foto: dok. Panitia Penyelenggara)

Sabtu-Minggu (5-6/10) – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, sejumlah Dosen dan Mahasiswa Fakultas Kehutanan (Fahut) Universitas Tadulako (Untad) rangkaikan acara pembubaran panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas 2019, dengan kegiatan Pekan Bakti Sosial di Desa Ramba, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

Ditemui Reporter Media Tadulako, Dr Zulkaidhah SP MP selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fahut Untad sekaligus salah satu promotor dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa kegiatan ini selain bertujuan sebagai ajang silahturahmi antar dosen dan mahasiswa Fahut, juga sebagai wujud kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi korban gempa setahun silam.

“Jadi sebagai bentuk kepedulian kita pada masyarakat desa yang terdampak parah gempa setahun lalu, maka kita mengajak dosen dan mahasiswa untuk merangkaikan pembubaran panitia dengan kegiatan bakti sosial ini di huntara Desa Ramba agar memiliki tujuan kegiatan yang jelas,” ungkapnya.

Kemudian, beliau menjelaskan dalam Pekan Bakti Sosial tersebut, terdapat 9 Tim yang terdiri dari 2 hingga 3 dosen pertimnya dalam menangani beberapa rangkaian kegiatan seperti Bakti Lingkungan, Penyuluhan, dan Pelatihan serta ceramah agama sebagai bentuk dukungan dari sisi spiritual kepada masyarakat desa.

“Sebagai akademisi tentu yang kami bisa bagikan kepada masyarakat adalah ilmu dan pengalaman yang bermanfaat bagi mereka. Maka dari itu dengan melihat potensi desa dan kebutuhan masyarakat, kami mengadakan rangkaian kegiatan seperti bakti lingkungan, penyuluhan, pelatihan serta ceramah agama di 2 masjid desa sebagai bentuk dukungan pada masyarakat desa Ramba, dan tugas tersebut akan ditangani oleh Tim yang sudah dibagi,” jelas Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fahut Tersebut.

Lebih Lanjut, ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini bisa memberi semangat pada masyarakat dalam menjaga lingkungan, mengembangkan potensi desa dan menambah perekonomian, serta kegiatan ini bisa berlanjut terus-menerus. Selain itu Dr Zulkaidhah berharap semoga kegiatan tersebut menjadi motivasi bagi fakultas lain yang ada di Untad untuk melakukan kegiatan serupa.

”Saya berharap dari Pembagian 600 bibit jenis tanaman berbuah, penyuluhan dan pelatihan dalam pemanfaatan hasil pertanian pertanian, perkebunan dan hasil hutan dapat memberikan semangat pada masyarakat dalam menjaga lingkungan, mengembangkan potensi yang ada serta menambah penghasilan mereka . Saya juga berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan menjadi motivasi fakultas lain untuk membuat kegiatan bemanfaat seperti ini,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sofyan, Mahasiswa Fahut yang juga terlibat dalam kegiatan tersebut berharap masyarakat desa Ramba bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah diberikan secara berkelanjutan, serta bisa menjadi penggerak bagi desa lain dalam pemanfaatan hasil pertanian dan perkebunan.

“Saya berharap Masyarakat desa ini bisa menggunakan ilmu dan pengalaman yang diberikan dalam kehidupan mereka dan dilakukan terus menerus. Kemudian bisa menjadi penggerak bagi desa lain dalam mengelola potensi yang ada di desa mereka masing-masing,” harapnya. AW

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here