Faperta Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Ket. Foto: Dekan Fakultas Pertanian saat memberi sambutan (Foto: Muhammad Ryan, S.Ak/Humas Untad)

Kamis (03/10) – Bertempat di Ruang Senat, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako (Faperta Untad) laksanakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah sebagai bekal bagi para dosen dan mahasiswa untuk menerbitkan jurnal ilmiah, dengan menghadirkan Ketua Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia, Prof Kuswandi, sebagai pemateri.

Dalam sambutannya, Dekan Faperta, Dr Ir Muhardi MSi, Kehadiran Prof Kuswandi di Palu adalah untuk menjadi narasumber kegiatan pendampingan dan percepatan akreditasi jurnal Nasional. Maka pihak Fakultas, mengambil kesempatan dengan memintanya menajdi pemateri Workshop.

“Kepada para peserta, Prof Kuswandi hadir di sini untuk menjadi narasumber kegiatan pendampingan dan percepatan jurnal Nasional. Nah, dengan kegiatan itu, kami dari Fakultas Pertanian memohon kesediaan beliau untuk sekaligus menjadi pemateri atau narasumber dalam kegiatan yang kita laksanakan, dan alhamdulillah beliau sanggupi,” ujar Dr Muhardi.

Dekan Faperta juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan agar dapat memberi manfaat bagi dosen-dosen dan mahasiswa, terutama untuk mengatasi kesulitan menerbitkan jurnal.

“Kami sangat antusias dan berharap kegiatan ini tentu akan memberikan manfaat baik terhadap dosen-dosen, maupun terhadap mahasiswa yang saat ini sudah menjadi prasyarat penyelesaian studi, yaitu menerbitkan jurnal atau artikel ilmiah. Dosen-dosen pun kesulitan dalam menaikkan jabatan fungsional karena kesulitan menerbitkan jurnal,” jelas Dekan.

Lebih lanjut, Dr Ir Muhardi MSi mengajak agar semua peserta agar memanfaatkan kedatangan Prof Kuswandi. Terutama berkaitan dengan penerbitan jurnal atau artikel ilmiah.

“Yang mau saya katakan bahwa, marilah kita memanfaatkan momen ini. Mumpung Prof Kuswandi meluangkan waktu untuk kita semua, sehingga kita bisa memanfaatkan dalam segala hal terkait penerbitan jurnal atau artikel ilmiah. Mudah-mudahan dengan kegiatan hari ini, bisa menambah wawasan dan pencerahan kepada kita semua,” ucapnya.

Sementara itu, senada dengan Dekan Faperta, Prof Made Antara MP, Ketua Pelaksana Workshop berharap agar kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya. Sebab materi yang disampaikan akan membantu dosen dan mahasiswa untuk proses penulisan karya ilmiah.

“Hal ini harus kita perhatikan betul karena pelaksanaanya cuma satu hari. Untuk para mahasiswa, inilah ruangnya menggali dan memahami apa itu jurnal ilmiah, termasuk skripsi. Sama halnya untuk para dosen, Workshop ini tidak kalah penting,” tandas Prof Made Antara.

Ia mengelaborasi materinya terkait strategi cerdas penulisan artikel publikasi Nasional-Internasional. Selain memaparkan materi, Prof  Kuswandi juga memberi motivasi agar selalu bersemangat menulis. Menurutnya, menulis artikel ilmiah tidak sulit meskipun juga tidak mudah. RAM

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here