HMM Peduli Langsungkan Bakti Sosial dan Bakti Pendidikan

Ket Foto: Suasana Kegiatan Belajar Mengajar HMM FE pada anak-anak di RT 7 Desa Petimbe (Foto: dok. Panitia Penyelenggara)

Sabtu-Minggu (21-22/09) – Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dan pendidikan anak desa tertinggal, Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako (FE Untad) lakukan kegiatan HMM Peduli di desa Petimbe, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.

HMM Peduli adalah kegiatan sosial dari HMM FE Untad yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat sebagai perwujudan poin ketiga dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan tersebut berfokus pada dua bidang, yaitu Bakti Sosial dan Bakti Pendidikan.

Meismail selaku ketua HMM FE Untad, mengungkapkan bahwa pada bakti sosial itu, diagendakan  penanaman pohon, pengecatan, pembersihan lingkungan, dan penyaluran bantuan logistik di desa petimbe. Sedangkan agenda Bakti Pendidikan adalah proses belajar mengajar pada anak-anak.

“Dalam bakti sosial kami melakukan pembersihan, pengecatan fasilitas umum, penyaluran bantuan logistik pada masyarakat serta penanaman pohon di pusat Desa Petimbe. Sedangkan Bakti Pendidikan, kami melakukan proses belajar mengajar di RT 7, karena RT tersebut sebagian besar anak-anak di sana tidak mengenyam pendidikan karena akses jalan yang sulit dan jauh untuk mencapai sekolah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Meismail mengatakan bahwa kegiatan yang mereka lakukan mendapat apresiasi yang baik dari pemerintah setempat dan masyarakat.

“Kami sangat senang karena kegiatan ini mendapat apresiasi dari pemdes dan masyarakat di sana. Saat kami datang kami disambut dan diberi penginapan serta dikawal saat melakukan kegiatan selama dua hari ini,” tambahnya.

Agita Rahmah, Salah Satu Anggota HMM yang juga mengikuti kegiatan tersebut menuturkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang tepat dalam mengajarkan mahasiswa untuk lebih peduli pada masyarakat.

“Kegiatan ini adalah bentuk kegiatan yang sangat baik dan tepat dalam mengajarakan dan menumbuhkan kepedulian mahasiswa, terutama mahasiswa FE untuk lebih peduli pada masyarakat,” tuturnya.

Ia juga berharap kegiatan ini bisa terus-menerus dilakukan sehingga banyak masyarakat yang akan terbantu dengan kegiatan tersebut.

“Saya harap kegiatan ini jangan hanya sampai di sini saja melainkan bisa terus dilakukan ke depannya. Sehingga banyak masyarakat bisa terbantu dari kegiatan ini,” tandasnya. AW