Prodi Pendidikan Matematika Langsungkan Seminar Nasional Ke-7

Ket. Foto: Suasana saat Dr Muhammad Darwis menyampaikan materi (Foto: dok. Panitia penyelenggara)

(Rabu, 5/10) – Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako (FKIP Untad) menggelar seminar  Nasional ke-7 bertema “Profesi Guru Matematika yang Berkemajuan dalam Menjawab Tantangan Revolusi Industry 4.0”. kegiatan berlangsung di Convention Hall hotel Brizky Palu dan dihadiri oleh Mahasiswa SI Pendidikan Matematika, Mahasiswa S2, Guru, Dosen dan umum.

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja sama, Dr Amar ST MT dan mendatangkan Dr H Muhammad Darwis MPd dari Universitas Negeri Makassar sebagai pemateri utama. Dalam materinya ia membahas bagaimana profesi yang berkemajuan di era revolusi industry 4.0 bagi guru matematika.

Dalam materinya ia menjelaskan bahwa, guru harus memahami gaya literasi di era 4.0, bukan lagi literasi gaya lama.

“Literasi itu penting, tetapi bukan literasi dalam gaya lama melainkan 3 literasi era 4.0, Literasi Digital yakni memanfaatkan informasi di dunia digital (Big data), Literasi Teknologi merupakan pemahaman terhadap mesin dan teknologi aplikasi, dan literasi manusia atau penguasaan komunikasi dan ilmu desain,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan adanya 10 skil yang harus dimiliki oleh seorang guru dan menjadi tuntutan Era revolusi industry 4.0 bagi Guru matematika.

“Setidaknya ada 10 skill pekerja yang dibutuhkan di era 4.0, yakni kebiasaan kerja positif, kepemimpinan, komunikasi, teknis, menulis, Bahasa inggris, pemecahan masalah, membaca, Komputer dan team work,” tuturnya.

Terbagi menjadi dua sesi kegiatan, yakni pada pukul 09.30-12.00 merupakan kegiatan seminar, dan dilanjutkan pada pukul 13.30-16.00 yakni Workshop dengan tema “Matematika Sekolah dan Digitalisasi di Era Revolusi Industri 4.0”.

Ditemui reporter Media Tadulako, Dr Patuddin SPd MSi selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut menuturkan bahwa tujuan diadakannya seminar dan workshop ini karena masih banyak guru maupun calon guru yang kurang memahami teknologi digital dalam metode mengajarnya.

“Karena sebagian guru maupun calon guru, masih menggunakan metode konvesional dan di era sekarang menuntut adanya digitalisasi, sehingga kami mengusung tema tersebut,” ungkapnya.

Ada 4 Pemateri dalam kegiatan Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika, Dr H Muhammad Darwis M Pd (Universitas Negeri Makassar), Dr Usman HB MPd (Universitas Tadulako), Drs Tamrin MPd (Alumni Pendidikan Matematika Untad) dan Dr Hasia Marto MPd (Alumni Pendidikan Matematika Untad).

Selain itu, dalam seminar nasional tersebut, panitia membuat kompetisi Makala dan abstrak. Yang mana jika makalah terpilih maka akan dimasukkan dalam jurnal Aksioma dan akan diunggah dalam WEB Aksioma  Program Studi Pendidikan Matematika Untad. NB

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here