Ukir Prestasi, Tim Untad Meraih Juara III Pada MMC di ITB

Ket. Foto: Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan; FMIPA Dr Lusyi Mahmudin SSi, Andre Saputra, Rektor Universitas Tadulako; Dr Mahfudz MP dan Budi Darmawan (Foto: dok. Humas Untad)

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA), Universitas Tadulako (Untad) membawa nama harum universitas dengan meraih juara ketiga dalam Mathematics Modelling Competition (MMC) pada Mathematic Challenge Festival di Institut Teknologi Bandung (ITB), pada Sabtu s.d Senin (26-28/09).

Andre Saputra Paliling Palesa (2015) dan Budi Darmawan (2015) berhasil meraih posisi ketiga, setelah bersaing dalam tahap pemodelan dan tahap final dengan puluhan universitas lainnya, dan meraih posisi ketiga pada MMC.

“Di MMC ada dua tahap yang harus kami lalui, yaitu tahap pemodelan dan tahap final. Pada tahap pemodelan, panitia memberikan tiga topik soal, yang selanjutnya dapat dipilih tergantung prioritas soalnya oleh masing-masing tim,” jelas Andre.

Andre menjelaskan bahwa setelah dipilih salah satu topik oleh setiap tim pada tahap pemodelan, panitia akan menetapkan soal yang kemudian akan dikerjakan masing-masing tim dengan model dan metode yang mereka pilih.

“Setelah memilih salah satu topic soal, panitia yang akan menetapkan soal apa yang akan kami kerjakan. Soal yang diberikan berupa permasalahan yang selanjutnya diselesaikan dengan metode matematika,” tutur Andre.

Di tahap pemodelan tim Untad mendapatkan topic Celebrity Endorsement. Setelah lolos di tahap pemodelan, ada dua tim dari masing-masing topic yang lolos ke tahap final, salah satunya tim Untad.

“Pada kesempatan kemarin, kami meraih juara ketiga dengan topic Celebrity Endorsment, yang kami selesaikan dengan aplikasi berbasis android menggunakan metode Clustering K-Means. Posisi pertama dan kedua diraih oleh Universitas Padjajaran,” ungkap Andre.

Diakhir wawancara, Budi berharap agar kampus tetap mensupport kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di bidang akademik dan mengajak mahasiswa lainnya untuk mengukir prestasi dan berkarya di event-event tingkat nasional maupun internasional.

“Semoga kampus tetap mendukung kegiatan-kegiatan di bidang akademik seperti karya tulis, penelitian dan lain-lain. Untuk mahasiswa Universitas Tadulako jangan takut untuk bersaing dengan kampus ternama diluar sana karena percayalah ini juga menjadi proses untuk menjadi kampus ternama,” tutup Budi. Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here