Wujud Pengabdian kepada masyarakat, BEM FK Untad adakan Sunatan Massal Gratis

Ket. Foto: Pengurus BEM ketika melakukan penyunatan pada pasien (Foto: dok. Panitia Penyelenggara)

Sabtu (28/09) – Bertempat di ruang kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (FK Untad), Badan Eksekutif Mahasasiswa (BEM) FK Untad laksanakan Bakti Sosial  bertema “Membrana Basalis (Membangun Rasa Kepedulian Sesama Berbasiskan Ilmu-Ilmu Dasar Medis)”, berupa pemberian sunatan massal gratis bagi masyarakat Kota Palu dan juga Huntara yang berada diwilayah Kota Palu.

Ketua BEM FK Untad, Fajar Abu Bakar Sanusi  mengungkapkan bahwa kegiatan Sunatan Massal ini adalah perwujudan nyata dari pengabdian kepada masyarakat, dan sebagai wadah pembelajaran bagi anggota BEM FK Untad.

“Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian mahasiswa, khususnya anggota BEM FK Untad  kepada  masyarakat, juga kepada anak-anak di Huntara yang ada di wilayah Kota Palu. Kegiatan ini sebagai wadah pembelajaran tentang bagaimana mengkoordinir kegiatan dengan baik,” ungkapnya.

Senada dengan ketua BEM FK Untad, Rifat Salim selaku Ketua Panitia kegiatan tersebut menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pelayanan, dan kepedulian mereka terhadap masyarakat Kota Palu. Dengan pemberian  sunatan massal gratis ini, besar harapan mereka bahwa masyarakat bisa merasa senang, terlebih  terbantu dengan adanya kegiatan seperti ini.

“Tujuan dari dibuatnya kegiatan ini adalah bentuk dari pelayanan kami kepada masyarakat. Tentunya, kami tidak ingin hanya menjadi mahasiswa yang datang belajar saja. Kami juga mempunyai visi dimana ilmu-ilmu yang kami dapatkan bisa kami abdikan dan berguna bagi masyarakat luas, khususnya yang berada di wilayah Kota Palu,” tuturnya.

Kegiatan Sunatan massal ini gratis bagi anak-anak yang berusia mulai dari 4 sampai  11 tahun, dengan total sebanyak 200 anak. Jumlah tersebut akan dibagi dalam 2 hari masa pengerjaan yaitu 60 pasien per 1 hari  dan sisanya yaitu over pasien akan dikerjakan 3-4 minggu setelah kegiatan ini selesai.

Lebih lanjut, Ketua Panitia menambahkan suksesnya kegiatan ini didukung oleh partisipasi dari pihak-pihak yang terlibat seperti para Alumni FK, dr Roberty David Maelissa SpB FINACS  selaku kepala bagian bedah di RS Undata Palu, dan Para mahasiswa yang terlibat.

“Kegiatan ini tidak akan berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya bantuan dan partisipasi dari berbagai pihak, yakni alumni yang menjadi dokter pelaksana dalam sunatan kali ini. Juga Kepala Bagian Bedah di RS Undata Palu, dr Roberty David Maelissa SpB FINACS  selaku konsultan dan penanggung jawab kegiatan ini, serta teman-teman mahasiswa selaku asisten dan omloop dalam kegiatan ini,” tutupnya. Jnk

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here