Jurusan Kimia Dan HIMAKIM Kenalkan Hasil Penelitian Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat Di Desa Bale

Ket Foto: Foto bersama masyarakat (Foto: Vivi/MT)

Sabtu (26/10) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (HIMAKIM FMIPA) Untad, Jurusan Kimia FMIPA melaksanakan pelatihan pembuatan nugget ikan dan tahu, serta pembuatan sampo dari santan kelapa. Kegiatan yang diikuti 20 dosen kimia, pengurus HIMAKIM dan 30 warga perwakilan 5 dusun itu, berlangsung di Balai Desa Bale.

Ketua Jurusan Kimia, Dr Ruslan SSi MSi, mengungkapkan selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperkenalkan hasil penelitian mahasiswanya. Ia menuturkan, Desa Bale dipilih untuk pelaksanaan kegiatan itu, karena desa tersebut merupakan desa binaan Jurusan dan HIMAKIM.

“Ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dari Jurusan Kimia sebagai implementasi dari hasil penelitian mahasiswa. Kemudian, saya juga ingin mengetahui secara langsung apa efek yang diterima masyarakat dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa kami di sini. Karena sudah kurang lebih 5 tahun  Desa Bale ini menjadi desa binaan, yang bukan saja binaan himpunan tetapi juga binaan jurusan Kimia. Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa kami memilih desa ini untuk kegiatan pengabdian. Dan alhamdulillah dari pernyatan warga, mereka merasakan dampak positif,” ungkapnya.

Salah seorang dosen yang memberikan pelatihan, Prisma Wiryanti SSi MSi, menuturkan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan kepada masyarakat, bahwa nugget, sebagai salah 1 makanan moderen juga dapat diproduksi sendiri oleh masyarakat. Selain itu, nugget tersebut, justru lebih unggul dari segi gizi, dibanding nugget yang dijual di pasaran.

“Kami melakukan versifikasi pengolahan ikan di masyarakat dan memberi informasi kepada mereka, bahwa nugget itu juga bisa dibuat dari ikan. Selama ini masyarakat hanya tahunya membeli nugget, padahal membuat nugget itu sederhana sekali. Tapi, karena kurangnya informasi makanya banyak masyarakat yang belum tahu cara membuatnya. Selain itu, sebenarnya nugget ikan lebih bagus dari nugget ayam, karena ikan itu mengandung omega 3, omega 6 dan lemak ikan juga lebih sehat”, tuturnya.

Ia menyampaikan, dikegiatan tersebut juga dilakukan pelatihan pembuatan sampo berbahan dasar santan kelapa dengan penambahan natrium laurit sulfat sebagi penghasil busa. Lebih lanjut ia mengatakan, hal tersebut ditujukan untuk mengaplikasikan slogan back to nature, dengan menggunakan bahan dari alam tanpa bahan pengawet, guna menanggulangi keresahan penggunaan sampo kimia yang menyebabkan rambut rontok dan cepat beruban. Ia menambahkan, produk tersebut sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet, adapun natrium laurit sulfat yang ditambahkan tidak bersifat korosif, sehingga aman digunakan. Vv

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here