Lebih dari 100 Peserta, COMICS Tadulako ke-4 lebarkan cakupan wilayah sampai ke Sulawesi Barat

Ket. Foto: Penyerahan piala bergilir kepada Ketua Panitia COMICS ke-4 (Foto: Nabila MT)

(Sabtu, 2/11) – Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Alam (FMIPA), Universitas Tadulako (Untad) gelar Competition On Mathematical Scince (COMICS) yang ke-4 dengan tema “Improve Matematical Skill to Achive Integrity and Quality”. Bertempat di Gedung Media Center Untad, kegiatan pembukaan berlangsung sukses dihadiri oleh 22 tim finalis lomba  dari berbagai daerah di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat, dan beberapa pejabat pemerintahan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan dibuka langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Pengembangan kawasan wilayah Sulawesi Tengah, Drs Ikhwan, mewakili Gubernur Sulteng. Dalam sambutannya ia mengungkapkan bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan dengan kemampuan menganalisa dan menghitung potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM).  Untuk itu ia berterima kasih kepada HIMATIKA Untad, yang secara konsisten mengadakan lomba Matematika setiap tahun dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan daya saing di bidang Matematika.

“Melalui ilmu Matematika kita menghitung potensi SDA dan SDM untuk bisa berperan memajukan daerah. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih pada HIMATIKA yang secara konsisten mengadakan lomba matematika tiap tahun sebagai gebrakan dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan daya saing,” ungkapnya.

COMICS merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh HIMATIKA Untad di bawah naungan Prodi Matematika yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Matematika Siswa SMA/SMK/MA sederajat, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan disiplin ilmu berlandaskan ilmu matematika.

Peserta yang menjadi Finalis dituntut agar mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya dan mempresentasikannya di hadapan juri. Sehingga peserta nantinya mempunyai kemampuan berbicara di depan umum. Hal inilah yang membedakan antara COMICS Tadulako dengan kompetisi lain yang serupa.

Tahun ini, peserta COMICS Tadulako bukan hanya berasal dari wilayah Sulteng, namun sampai pada Sulawesi Barat (Sulbar). Dengan sistem penilaian Online, Peserta yang ikut dalam comics ke-4 berjumlah 112 peserta dari Sulteng dan Sulbar dan peserta yang lolos ke babak semi final berjumlah 22 tim dari 13 sekolah. Hal ini diungkapkan Saldi selaku ketua panitia COMICS ke -4.

“Pada COMICS ke 3 jumlah peserta yang berpartisipasi lebih meningkat, melihat eksistensi kegiatan ini di kalangan siswa/siswi SMA/SMK/MA se-Sulteng kami tertarik untuk melebarkan cakupan daerah yang terlibat pada kegiatan COMICS ke-4 ini, yakni menjadi tingkat se-Sulawesi Tengah dan se-Sulawesi Barat,” ungkapnya.

COMICS selalu menghadirkan juri tamu terbaik, pada tahun ke-4 ini, juri tamu yang hadir adalah Prof Syamsudin Toha MSc dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Selama 2 hari mulai dari tanggal 2-3 November peserta mengikuti rangkaian lomba. Kegiatan diakhiri dengan pengumuman juara yang dimenangkan oleh MAN Insan Cendekia Kota Palu. NB