Lomba Paduan Suara Internasional PSM Untad Unggul dari 37 Tim di Negeri Ginseng

Ket. Foto: Penampilan PSM Untad pada lomba paduan suara internasional kategori Classical (Foto: Dok. Narasumber)

Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Universitas Tadulako (Untad), kembali mengikuti lomba paduan suara tahunan tingkat internasional ke 15 yang diadakan Busan Coral Institute, dan berhasil meraih peringkat ketujuh dari empat puluh empat tim yang bersaing, di Busan, Korea Selatan, pada Selasa s.d Sabtu (15-19/10).

Ditemui reporter Media Tadulako, Yosadak Budianto Petuda (2015) selaku ketua PSM menjelaskan bahwa, sebelum tampil di tingkat internasional, ada beberapa tahapan dan seleksi yang harus dilalui.

Seluruh peserta yang ada di dunia harus mengikuti beberapa tahap, yaitu pemasukan berkas, seleksi berkas, dan seleksi audio secara daring melalui audio rekaman, dan PSM Untad lulus menjadi salah satu peserta yang mewakili Indonesia, jelas Budi.

Ada empat puluh empat tim dari berbagai negara yang ikut bersaing, diantaranya Korea, Indonesia, Russia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam dan Finlandia. Dengan persaingan yang ketat membuat PSM Untad mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

“Ada beberapa persiapan yang kami lakukan, diantaranya membentuk tim yang akan ikut serta, latihan vocal selama kurang lebih enam bulan, pencarian dana baik melalui lelang suara, bazaar, serta pengajuan proposal ke beberapa instansi, ungkap Budi.

Pada ajang yang diadakan ada empat kategori lomba yaitu Pop, Equal & Mix, Youth Choir dan Ethnic/ Folklore.

Di sana kami mengikuti dua kategori yaitu kategori Classical Equal Mix dan Ethnic, dimana kita harus menyanyi lagu-lagu jenis seriosa dan menyanyikan lagu-lagu daerah berdasarkan negara asal, lanjutnya.

Muh. Nuzul Sanusi (2017) sebagai salah satu delegasi PSM Untad menuturkan bahwa suatu kebanggaan bisa menjadi bagian dari tim PSM Untad dan bisa membawa nama Universitas ke Korea.

Banyak sekali pengalaman berharga yang saya dapatkan, bisa bertemu teman-teman paduan suara lain, menyaksikan secara langsung paduan suara hebat dari berbagai Negara, dan masih banyak lagi, tutur Nuzul.

Nuzul berharap agar ke depannya PSM Untad dapat terus berkarya dan berprestasi baik itu di tingkat local, nasioanl maupun internasional serta mengharumkan nama almamater tercinta. Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here