LPPM Pamerkan Produk Inovasi Unggulan Untad

Ket. Foto: Foto bersama dengan produk rotan (Foto: Ryan Muhammad, S.Ak/Humas Untad)

Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Mahfudz MP membuka secara resmi pameran produk hasil penelitian Unggulan Strategis Nasional Penelitian Pengembangan Universitas Tadulako yang digelar di halaman Gedung LPPM Untad, pada Selasa (5/11). Pameran tersebut merupakan hasil penelitian dari Prof Dr H Andi Tanra Tellu MS dan tim, terkait pengolahan rotan selama 3 tahun yakni sejak tahun 2017.

Dalam sambutannya Rektor mengapresiasi hasil penelitian tersebut sebagai hal yang patut dibanggakan

“Tujuan utama pameran ini adalah mendeklarasikan kepada civitas akademika bahwa Universitas Tadulako memiliki produk inovasi unggulan yang dihasilkan. Hal ini tidaklah mudah dihasilkan, dan saya sangat berbangga dan berterima kasih kepada Prof Andi Tanra dan tim. Dengan program pengembangan rotan ini tentunya memiliki manfaat yang luar biasa selain dari sisi akademik juga dari sisi kebermanfaatan kepada masyarakat khususnya para pengrajin,” kata Prof Mahfudz.

Rektor berharap penelitian ini tidak lah berhenti disini. Diharapkan kelak akan lahir inovasi-inovasi lain yang dapat diunggulkan dan dikomersilkan dari Untad.

Prof Andi Tanra selaku ketua tim penelitian menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rotan non komersil menjadi produk yang ergonomis. Ergonomis berarti indah dipandang dan nyaman pula untuk digunakan.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa produk yang berasal dari rotan non komersil dan rotan komersil memiliki  nilai ergonomis yang sama,” terang Prof Andi Tanra.

Lebih lanjut Prof. Andi Tanra menjelaskan bahwa produk-produk yang dipamerkan ini dihasilkan oleh pengrajin rotan baik dari lokal maupun dari luar kota, seperti Cirebon. Selain itu, produk-produk  tersebut sudah memiliki hak paten.

Pameran produk yang bertema “Pemanfaat Rotan Non Komersil dalam Meningkatkan Kapasitas, Kualitas, Divestikasi dan Daya Saing Produk Rotan Melalui Penerapan Teknologi Pengolahan dan Pengembangan Desain” ini berlangsung selama 3 hari yakni dari tanggal 5 November sampai dengan 7 November 2019.

Ditemui di ruangannya, Dr Muh Rusyidi H MSi mengatakan bahwa produksi rotan ini direncanakan akan menjadi salah satu produk unggulan. “Kami sudah melaksanakan salah satu kegiatan, yaitu penelitian dari Prof Tanra. Kami rencanakan produk ini akan menjadi salah satu produk unggulan yang sedang kami usulkan untuk dibiayai Dikti. Jadi ada 3 yang kemarin kami usulkan, pertama peternakan, Kedua Rotan, dan yang ketiga yang sedang digarap oleh Pak Kennedy,” ujar Dr Rusyidi.

Dr Rusyidi berharap dengan pameran ini dapat memberikan inspirasi bagi para peneliti di LPPM, dan hasil-hasil penelitian tersebut dapat dipamerkan di tahun-tahun selanjutnya. Oleh karena itu, kedepannya, LPPM akan terus memamerkan hasil-hasil karya dan hasil penelitian di tahun 2020. RFS/Sn

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here