LPPMP Gelar Workshop Akreditasi Prodi Menuju Unggul

Ket. Foto: Prof Mursalim saat membawakan materi (Foto: Rani/MT)

Rabu s.d Kamis (13-14/11) – Lembaga Penjaminan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Universitas Tadulako (LPPMP Untad) gelar Workshop Akreditasi Prodi Menuju Unggul. Kegiatan dipusatkan di lantai dasar gedung Media Center Untad.

Workshop yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan Prof Dr Mursalim, assesor BAN PT, sebagau narasumber.

Ketua pelaksana, I Wayan Sudarsana, dalam laporannya menyampaikan  secara detail kegiatan ini memiliki 2 tujuan. “Tujuan kegiatan ini menyiapkan (Program Studi) Prodi mencapai akreditasi unggul menggunakan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 berbasis Laporan Kegiatan Program Studi (LKPS); serta menyiapkan satu komitmen pemutuan Universitas Tadulako secara konfrehensif di semua unit,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Wakil Rektor Bidang Akademik (Wadek Bidak), Dr Lukman Najamudin Mhum, sekaligus membuka kegiatan. Ia menyampaikan urgensi dari kegiatan tersebut. Dr Lukman juga memberi gambaran dari efek ke depan terkait akreditasi.

“Ini tentu menjadi sebuah perhelatan yang sangat penting karena menyangkut nasib, menyangkut masa depan mahasiswa kita ketika sudah alumni nanti. Akreditasi menjadi sangat berarti sekali karena di banyak perusahaan ketika melamar selalu ditanya akreditasinya apa. Bahkan di beberapa instansi ketika menerima atau membuka lowongan pekerjaan, dipersyaratkan hanya yang terakreditasi A. Olehnya itu workshop hari ini tentu bergerak untuk hal itu,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Dr Lukman juga menyampaikan harapannya kepada semua delegasi. Dr Lukman mengatakan bahwa momen ini harus dimanfaatkan oleh semua untuk perbaikan ke depannya.

“Saya berharap yang hari ini berkesempatan hadir, yang hari ini diberi mandat oleh masing-masing Prodi untuk mengikuti workshop, benar-benar kita manfaatkan sebaik-baiknya hingga kedatangan kita bermanfaat untuk kita, untuk Prodi dan untuk isntitusi,” ujarnya.

Berdasarkan data yang masuk ke panitia jumlah peserta sebanyak 53 peserta. Kesemuanya bersumber 5 dari lingkup LPPMP, 5 dari kampus STAH, 3 dari Prodi Akuntansi (S1), 3 Antropologi (S1), 3 Administrasi Publik (S1), 1 PPKn (S1), 2 Ilmu Hukum (S1), 2 Peternakan (S1), 2 Ekonomi Pembangunan (S1), 2 Ilmu Komunikasi (S1), 3 Agroteknologi (S1), 2 Akuakultur (S1), 1 ekonomi manajemen (S1), 3 Teknik Sipil PKS DU Morowali (S1), 3 PJKR (S1), 2 Agribisnis (S2), 3 Pendidikan Sains (S2), 1 Teknik Geofisika (S1), 2 Sosiologi (S1), 2 Ilmu Pemerintahan (S1), 1 Pendidikan Bahasa Inggris (S1). Prioritas kepesertaan Prodi berdasarkan nilai akreditasi tinggi dan Prodi yang akan mengajukan akreditasi tahun 2020. RAM