SPOT Fisip Untad kirim 5 Delegasi dalam Kegiatan JFMI-XII di Bali

Ket. Foto: Delegasi Spot FISIP Untad pada kegiatan JFMI-XII di Bedugul, Bali. (Foto: Dok. Spot FISIP Untad)

(29/10) – Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sarana Pecinta Fotografi (SPOT) baru saja mengikuti Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia ke-12 (JFMI-XII) di Bedugul, Bali.

JFMI Merupakan acara tahunan organisasi atau komunitas fotografi mahasiswa yang berada di bawah ruang lingkup perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. Tahun ini Bali di percaya sebagai tuan rumah (JFMI-XII) yang dilaksanakan mulai 18-20 Oktober 2019.

Ditemui Reporter Media Tadulako, Umrah selaku Ketua Umum SPOT Periode 2019 mengungkapkan bahwa tahun ini SPOT mengirim 5 anggotanya sebagai delegasi untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah tahun ini kita mengirim 5 anggota sebagai delegasi SPOT, yang mana 4 orang mahasiswa Ilmu Komunikasi dan 1 Orang mahasiswa Antropologi untuk mengikuti kegiatan JFMI ke-12 yang diadakan di Bali,” ungkapnya.

Selain sebagai ajang silaturahmi antar Komunitas Fotografi Mahasiswa se-Indonesia, juga sebagai ruang dalam pengembangan referensi ilmu fotografi antar mahasiswa serta sebagai ajang pembelajaran mahasiswa untuk lebih mengenal kearifan budaya lokal yang ada di Bali.

“Selain sebagai ajang untuk silaturahmi antar mahasiswa yang bergelut di dalam bidang fotografi, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk berbagi ilmu dan pengalaman antar sesama mahasiswa serta tempat mahasiswa belajar dan mengenal Kearifan budaya yang ada di Bali,” tuturnya.

Lebih lanjut, Umrah berharap keikutsertaan mereka pada kegiatan berskala nasional tersebut dapat meningkatkan eksistensi UKM SPOT ke depannya. “Saya berharap dengan kita mengikuti kegiatan ini, UKM SPOT bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas terutama yang berada di luar daerah. Kemudian juga ilmu yang kami dapatkan di sana akan kami bagikan kepada anggota-anggota SPOT yang lain, agar ilmu tersebut bisa berguna bagi mereka di masa mendatang,” harap ketua umum SPOT periode 2019 tersebut.

Sementara itu, Syahman N Marhum, salah satu mahasiswa yang mengikuti JFMI-XII berharap ilmu dan pengalaman yang didapatkan dari kegiatan tersebut bisa meningkatkan skill fotografi anggota SPOT dalam menghasilkan karya. Ia juga berharap UKM SPOT bisa mengikuti kembali kegiatan JFMI tahun depan.

“Harapan saya dari ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan disana bisa meningkatkan lagi skill teman-teman anggota SPOT dalam menghasilkan karya fotografi yang lebih baik ke depannya. Serta  semoga tahun depan SPOT bisa mengikuti lagi kegiatan JFMI yang akan di adakan di Kota Semarang,” pungkasnya. AW