Tingkatkan Jumlah Proposal PKM yang akan dilombakan, P3K2 Untad Laksanakan Roadshow


Ket.Foto: Tim Roadshow P3K2 saat melakukan sosialisasi PKM kepada Mahasiswa (Foto:Dok. Penyelenggara)

Dalam rangka Meningkatkan jumlah proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang dilombakan, Pusat Pembinaan Pengembangan Kegiatan Kemahasiswaan (P3K2) Universitas Tadulako (Untad) gelar Roadshow ke seluruh Fakultas, pada Minggu s.d Sabtu (17-23/10).

Ditemui di ruanganya, Dr Vita Fattah SE MSi Selaku Koordinator P3K2 mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan perdana dalam rangka mensosialisasikan PKM ke setiap Fakultas yang ada di Untad guna meningkatkan jumlah proposal mahiswa yang akan dilombakan.

“Di tahun-tahun sebelumnya sosialisai mengenai PKM hanya dilakukan oleh Fakultas MIPA dan tidak menyeluruh, jadi di tahun ini kegiatan Roadshow perdana dilakukan P3K2 untuk mensosialisaikan kegiatan PKM ke tiap-tiap fakultas, agar supaya mahasiswa bisa lebih banyak memasukan proposalnya untuk dilombakan,” ujarnya.

Dr Vita juga menuturkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ada Tim roadshow yang dibagi untuk mensosialisasikan kegiatan PKM, serta menyampaikan pesan Wakil Rektor III kepada pimpinan fakultas untuk membentuk PKM di setiap Fakultas yang ada.

“Kami membagi Tim dalam roadshow ini untuk mensosialisasikan kegiatan PKM kepada dosen dan Mahasiswa, serta kami juga mengadakan silaturahmi kepada pimpinan fakultas untuk menyampaikan pesan Pak Warek III agar setiap fakultas mengadakan PKM nya masing-masing,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap dengan dilakukannya kegiatan tersebut akan lebih banyak lagi proposal PKM yang masuk di tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya.

“Saya Berharap dari kegiatan roadshow yang kami lakukan bisa meningkatkan jumlah proposal yang masuk ditahun ini tahun-tahun yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu, Haliadi SS MHum PhD selaku Sekretaris P3K2 mengatakan bahwa tujuan dari roadshow tersebut juga sebagai ajang untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam membuat proposal PKM.

“Jadi dalam roadshow ini selain mengenalkan 9 bidang PKM yang ada, kegiatan ini juga bertujuan menumbukan minat Mahasiswa Untad untuk membuat proposal dari 9 bidang yang dilombakan,” pungkasnya.

Diakhir wawancara, Sekretaris P3K2 tersebut berharap banyak proposal mahasiswa untad yang bisa lolos tingkat nasional. Ia juga berharap proposal PKM yang lolos nasional bisa menunjang percepatan penyelesaian mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir.

“Harapan saya proposal mahasiswa untad bisa lebih banyak lagi yang tembus tingkat nasional, kemudian diharapkan setiap fakultas agar proposal yang bisa lolos tingkat nasional bisa dijadikan pengganti skripsi agar mempermudah penyelesaian mahasiswa Untad. Itu juga harapan Pak Wakil Rektor III. Agar PKM bisa menunjang percepatan penyelesaian mahasiswa Universitas Tadulako,” tandasnya. AW