Tingkatkan Keterampilan Tanggap Bencana, Racana Untad ikuti LATSARNAS PERTI Ke-VI

Ket. Foto: Peserta LATSARNAS PERTI Ke- VI saat melakukan pelatihan Water Rescue (Foto: Dok. Penyelenggara)

Sadar akan pentingnya keterampilan tanggap bencana, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Universitas Tadulako (Untad) ikuti Latihan Search and Rescue Nasional Perguruan Tinggi (LATSARNAS PERTI) ke-VI 2019 pada Jumat s.d Kamis (25-31/10) di Sumenep – Madura, Jawa Timur.

Kegiatan LATSARNAS merupakan kegiatan sosial rutin tahunan kemanusiaan berupa pelatihan tanggap bencana sebagai bekal dalam menghadapi kejadian luar bisa (KLB) seperti bencana alam. Tujuan dari kegiatan ini adalah meciptakan kader-kader Gerakan Pramuka yang memiliki potensi dan keterampilan di bidang penanggulangan Bencana Alam.

Isnainar SP Msi selaku Pembina Racana Untad mengungkapkan bahwa ilmu dasar mengenai SAR adalah hal yang penting untuk dimiliki angggota pramuka Racana Untad karena mengingat Sulawesi Tengah termasuk wilayah yang rawan mengalami bencana alam.

“Ilmu mengenai dasar mengenai SAR ini adalah hal yang penting, karena ini adalah syarat seorang pramuka Racana Untad untuk berperan dalam membantu masyarakat saat bencana melanda seperti gempa yang melanda kita setahun yang lalu,” ungkapnya.

Kemudian, ia juga menuturkan pada kegiatan ini Racana Untad mengirim 3 delegasi yang tercatat sebagai mahasiswa FKIP angkatan 2018 yakni Alfret Putra Widodo (Pendidikan Sejarah), Ariana Yuni Syarofah (Pendidikan Fisika), dan nurhafizah (Pendidikan Fisika).

“Pada kegiatan LATSARNAS PERTI tahun ini, Racana Untad mengirim 3 orang. Harapannya, tentu saja para peserta ini setelah pulang akan menjadi tutor bagi anggota Racana lainnya untuk membagikan ilmu dan pengalaman yang didapatkan di sana,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap ilmu SAR yang diperoleh anggota Racana dapat diaplikasikan dan bermanfaat dimana pun dalam kegiatan kemasyarakatan yang ada. Ia juga berharap Untad bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah dari kegiatan-kegiatan nasional di masa mendatang.

“Saya berharap Ilmu SAR yang mereka dapatkan bisa diaplikasikan dan bisa bermanfaat dalam kegiatan kemasyarakatan di manapun mereka berada atau berkiprah nantinya. Kemudian harapan saya sebagai pembina Racana, ke depannya Untad bisa  mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah dari kegiatan tersebut. T entu saja semua itu atas izin dan suport dari pihak pimpinan dan civitas akademika Untad,” harap Pembina Racana Untad tersebut.

Sementara itu, Senada dengan Pembina Racana Untad, Munira selaku Ketua Racana Putri juga berharap kegiatan tersebut bisa meningkatkan skill anggota Racana dalam keterampilan tanggap bencana agar bisa bermanfaat dan membantu masyarakat.

“Saya berharap ilmu yang kami dapatkan dari kegiatan tersebut bisa meningkatkan skill keterampilan tanggap bencana dan hal itu bisa membantu masyarakat di masa yang akan datang,” harapnya. AW

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here