Ukir Prestasi Tingkat Nasional, Tim Menwa Untad Juarai Lomba Lintas Medan

Ket. Foto: Tim Untad bersama Rektor Untad, Prof Mahfudz dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Sagaf (Foto: dok. Humas Untad)

Universitas Tadulako (Untad) kembali berbangga, setelah tim dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 251 Wirautama, menjadi juara dalam Lomba Lintas Medan Wisata Nasional, di Malino, Kabupaten Gowa, Makassar, pada Jumat-Minggu (25-27/10).

Lomba lintas wisata merupakan agenda yang diselenggarakan oleh Komando Resimen Mahasiswa Indonesia Wolter Monginsidi, Provinsi Sulawesi Selatan (Satuan 701 Universitas Hasanuddin), dan diikuti berbagai universitas yang ada di Indonesia.

“Lomba lintas wisata nasional adalah kompetisi trail running dengan setiap tim harus sampai pada pos dan tiba secara bersmaan, setelah melalui medan serta lintasan yang panjang dan ekstrim berjarak 31 kilometer, sehingga membutuhkan kerjasama tim yang solid,” jelas Rian salah satu perwakilan tim.

Dalam lomba yang diadakan seluruh peserta harus menempuh medan yang beragam, mulai dari lari cepat melintasi medan sungai, mendaki, perkampungan, tempat wisata dan lain-lain dengan empat pos pemeriksaan. Pada setiap pos satu tim yang berjumlah tiga orang harus selalu lengkap hingga mencapai akhir dengan waktu maksimal enam jam.

“Ada banyak medan yang harus dilalui, dan setelah berhasil melewati medan yang ada kita akan dicek di empat pos pengecekan yang ada. Jika setiap tim melewati batas waktu enam jam dalam perlombaan ini, maka secara otomatis akan dinyatakan gugur oleh panitia,” ungkap Rian.

Dwiky Richard (Fakultas Pertanian), Rian (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), dan Sukmawati (Fakultas Ekonomi) sebagai tim delegasi Untad berhasil meraih posisi pertama dalam ajang tersebut. Selain itu, tim Untad juga membawa piala bergilir Rektor Universitas Hasanuddin.

“Kami berhasil memenangkan kompetisi ini berdasarkan nilai kekompakan, kecepatan, kerapihan, keseragaman, dan tepat waktu. Tantangan yang kami hadapi cukup menantang dan kami bersyukur dapat melalui itu semua dan berhasil menjadi juara umum,” tutur Rian.

Dilansir dari laman untad.ac.id Rektor Untad Prof Dr Ir Mahfudz MP, mengapresiasi pencapaian tim Untad yang semakin banyak mengukir prestasi hingga tingkat nasional.

“Selain unggul dari sisi akademik, mahasiswa Untad juga harus unggul dalam berbagai bidang seperti olahraga dan bidang lainnya,” ucap Prof Mahfudz. Adr