Untad Peringati Hari Pahlawan dengan Upacara Bendera

Ket. Foto: Warek Biduk, Dr Muhammad Nur Ali MSi saat membacakan amant Menteri Sosial RI (Foto: Ryan Muhammad, S.Ak/Humas Untad)

(Senin, 11/11) – Universitas Tadulako (Untad) peringati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 Nopember dengan upacara bendera yang hadiri para Wakil Rektor, para Dekan, Wakil-wakil Dekan, Dosen, Pegawai, dan Staf Untad. Upacara yang digelar di halaman depan gedung rektorat Untad tersebut, dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (Warek Biduk) Dr Muhammad Nur Ali MSi.

Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar. Demikianlah pesan Bung Karno dalam amanat Menteri Sosial RI, Juliari P Patubara. Sambutan menteri sosial tersebut dibacakan pemimpin upacara, Dr Muhammad Nur Ali. Selain itu, Juliari P Patubara juga mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan dibangkitkan dengan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019, Aku Pahlawan Masa Kini.

“Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis, atau merugikan orang lain dan sebagainya,” ujar Juliari P Patubara.

Masih dalam sambutan Menteri Sosial, Dr Muhammad Nur Ali memaparkan bahwa saat ini semangat hari pahlawan tidak hanya ditunjukkan dengan tenaga, harta, dan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang mengangkat senjata, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan masyarakat, dan membawa harum bangsa di mata internasional,” papar Warek Biduk.

Warek Biduk melanjutkan, bahwa Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Dengan menjadikan diri kita pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat indonesia,” imbuhnya. Sn

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here