Beri Pengetahuan Gizi Sejak Dini Prodi Gizi FKM Laksanakan Pelatihan Nutrisions Cilik

Ket. Foto: Nutrisions cilik dalam game isi piringku (Foto. Dok: Narasumber).

Program Studi (Prodi) Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Tadulako (Untad), mengadakan Pelatihan Nutrisionis Cilik, dengan menghadirkan pembicara Aisyah Nurcita Dewi SGz MGizi selaku perwakilan SEAMEO RECFON. Kegiatan diikuti siswa dan guru dari beberapa Sekolah Dasar (SD) Kota Palu. Kegiatan bertempat di Gedung LPPMP, pada Rabu (4/12).

Ditemui reporter Media Tadulako, Ariani SKM MGz selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi dan guru, tentang gizi seimbang.

“Gizi seimbang merupakan hal yang penting, apalagi dalam proses pertumbuhan dan peningkatan derajat anak usia sekolah. Pemahaman tentang pentingnya gizi seimbang dan jajanan sehat merupakan hal yang harus terus dipahamkan oleh guru kepada siswa,” jelas Ariani.

Ariani menuturkan, bahwa pemahaman mengenai kecukupan gizi di seribu hari kehidupan pertama, memberi dampak besar pada kesehatan anak.

“Dalam pelatihan yang kami lakukan, ada beberapa kegiatan yang kami buat untuk meningkatkan pemahaman guru dan siswa tentang kecukupan gizi, diantaranya Konsep Gizi Seimbang, Edukasi Kegiatan Sarapan, Edukasi Jajanan Sehat dan Games Isi Piringku,” tutur Ariani.

Senada dengan itu Ketua Prodi Gizi St. Ika Fitrasyah SGz MSi menjelaskan, bahwa kegiatan Pelatihan Nutrisions Cilik merupakan kegiatan perdana yang dilakukan, dengan harapan terciptanya kegiatan  yang bersentuhan dengan gizi pada masyarakat.

“Sesuai dengan visi dari Prodi Gizi yaitu, pada tahun 2030 Program Studi Gizi Universitas Tadulako Mampu Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Profesional dan Unggul dalam Bidang Gizi Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,” jelas Ika.

Ika juga mengungkapkan bahwa sasaran dari Prodi Gizi adalah perbaikan gizi di setiap periode usia, salah satunya anak sekolah.

“Sasaran kami memang untuk perbaikan gizi, salah satunya pada gizi anak sekolah, sebagai upaya perbaikan kualitas SDM Indonesia. Usaha perbaikan gizi yang dilakukan hari ini akan membuahkan hasil di masa yang akan datang, sehingga kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian dari masyarakat,” ungkap Ika.

Melalui Pelatihan yang diadakan Ika berharap agar hasil dari kegiatan tidak hanya berhenti di tahun ini, tetapi akan ada kegiatan dengan skala yang lebih besar dengan melibatkan banyak pihak. Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here