Tingkatkan Keterampilan dan Kualitas Layanan, LPPMP Laksanakan Pelatihan Tata Kelola Persuratan

Ket.Foto: Suasana sat Dr Sugit saat memaparkan materi (Foto: Rani/MT)

Kamis-Jumat (21-22/11) Bertempat di gedung Media Center, Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Tadulako (LPPMP Untad) laksanakan Pelatihan Tata Kelola Persuratan Bagi Tenaga Kependidikan.

Kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan keterampilan dan kualitas layanan serta tata persuratan bagi tenaga kependidikan itu dipandu langsung oleh Dr Drs Sugit Zulianto MPd, dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, yang pernah mengabdi di Untad. Dalam rangkaian pelatihan, di awal peserta diberi pemahaman terkait tata persuratan, yang kemudian para peserta dipandu membuat buram hingga membuat surat utuh.

Dr Sugit juga menampilkan beberapa model surat dan mengajak para peserta ikut memberi koreksian dari surat yang ditampilkan. Koreksian berupa ejaan, kelugasan dan kelogisan bahasa serta sistematika penulisan.

Dalam kesempatan yang sama, hadir memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan, Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Dr Amirudin Kade mengapresiasi kehadiran Dr Sugit Zulianto. Dr Amirudin juga berpesan agar peserta bisa memanfaatkan momen pelatihan dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Sugit yang telah jauh-jauh datang untuk membersamai kita di sini, untuk memberi materi dalam kegiatan pelatihan ini. Kepada para peserta, silakan tanyakan apa saja soal persuratan dan kebahasaan kepada beliau karena beliau ini memang pakarnya,” tutur Dr Amirudin.

Pada kesempatan yang sama pula, Dr Amirudin juga menyampaikan tahapan-tahapan menuju ISO. Dr Amirudin berharap di dua tahun kemudian, sistem persuratan universitas sudah memenuhi standar.

“Tahapannya adalah, pelatihan, workshop, pendampingan dan penilaian ISO. Jadi ada 4 tahapan. Target kita di 2021 kita harus ISO sistem tata persuratan di seluruh universitas ini,” tambahnya.

Di akhir sambutan, Dr Amirudin menyampaikan harapannya atas pelatihan ini. Dr Amirudin berharap agar seluruh peserta pelatihan dapat menerapkan llmu yang diperoleh untuk perbaikan tata kelola persuratan.

“Saya mohon kepada para peserta yang terhormat, kita berharap ketika kembali ke fakultas, ke UPT, bisa menulis surat dengan baik. Jangan selalu menulis seperti yang sebelum-sebelumnya,” tambhnya.

Terkait kepesertaan, ketua pelaksana, Sitti Utari SSos menjelaskan bahwa jumlah ada sekitar 70 orang. Sitti juga menyebutkan pendelegasian peserta-peserta tersebut.

“Untuk kepesertaan, yang ikut berjumlah 70 orang. Jumlah ini berasal dari Biro, Fakultas, Lembaga dan Unit Pelaksana Tugas (UPT) dalam lingkup Universitas Tadulako (Untad),” paparnya. RAM

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here