TP Al-Huda Adakan Kajian Tematik untuk Silatuhrahmi Antara Mahasiswa

Ket. Foto: Foto Peserta yang sedang menyimak materi dari pemteri (Foto: dok. Panitia Penyelenggara)

Minggu (01/12) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap pengetahuan akidah dan keyakinan agama islam sesuai syariat, Taman Pengajian Al-Huda Fakultas Kesehatan Masyarakat  Universitas Tadulako (FKM UNTAD) lakukan kegiatan Kajian Tematik di Mesjid Fakultas Kedokteran (FK).

Mohamad Ramdani selaku sekretaris panitia, mengungkapkan bahwa latar belakang kegiatan kajian tematik ini karena sedikitnya mahasiswa yang paham dan mengerti terhadap ilmu agama islam secara dalam. Terlebih lagi adanya fakultas yang tidak menjadikan mata kuliah ilmu agama Islam sebagai mata kuliah wajib, sehingga kajian tersebut menjadi wadah mahasiswa menimba ilmu agama islam.

“Jadi latar belakang kegiatan kajian tematik ini karena sedikitnya mahasiswa Universitas Tadulako yang paham dan mengerti tentang ilmu agama Islam. Nah, mungkin ada fakultas yang tidak menjadikan ilmu agama Islam sebagai mata kuliah wajib. Sehingga mahasiswa masih sangat perlu asupan ilmu agama Islam, terutama yang muslim. Tujuan daripada kegiatan ini adalah untuk menambah ilmu dan pengetahuan mahasiswa dalam akidah dan keyakinan agama Islam sesuai syariat dan sebagai media silaturahmi antara mahasiswa Islam,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mohamad Ramdani mengatakan bahwa peserta kegiatan tersebut keseluruhan berjumlah 42 orang yang terdiri dari 22 laki-laki dan 20 perempuan.  Kajian tersebut bersifat umum, yang artinya semua mahasiswa Untad  boleh ikut dan hadir dalam kegiatan tersebut.

“Nah untuk jumlah peserta yang hadir itu ada 22 laki-laki dan 20 perempuan. Kajian tematik ini diadakan oleh fakultas kesehatan masyarakat yang bersifat umum, artinya semua mahasiswa universitas Tadulako bisa ikut dan hadir dalam kajian tersebut. Karena sebelumnya, kami sudah mengirimkan surat undangan pada tiap lembaga dakwah kampus yang ada di Untad,” tambahnya.

Sitti Nurhayati, salah satu mahasiswa FKM yang mengikuti kegiatan tersebut, menuturkan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan yang diutamakan karena yang dipelajari adalah ilmu agama, dan terlebih lagi bagi mahasiswa yang beragama Islam. Karena ilmu agama adalah ilmu yang dibawa sampai akhirat kelak.

“Kalau menurutku kegiatan ini sangat mengutamakan ilmu agama, karena yang dipelajari adalah seputar islam. Terlebih lagi bagi mahasiswa muslim atau beragama Islam. Karena ilmu ini bukan cuman ilmu dunia diatur tetapi sampai kita diakhirat kelak juga,” tuturnya. Er