LK MASI IX, HMTS Harapkan Kader Kritis dan Beretika

Ket. Foto: Pemberian materi dalam LK MASI 9 HMTS (Foto: Dok. Panitia Penyelenggara)

Jumat s.d Ahad (10-12/01) – Himpuman Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) kembali melaksanakan LK MASI (Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Teknik Sipil) untuk anggota HMTS. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hutan Raya Kapopo tersebut, turut hadir para dosen dan alumni Program Studi (Prodi) Teknik Sipil.

Zulkarnaen Kahim selaku ketua HMTS mengatakan, kegiatan tersebut pada dasarnya sama dengan latihan kepemimpinan pada umumnya. Hanya saja dalam LK MASI lebih condong pada bidang teknik sipil. Ia mengungkapkan bahwa, LK MASI dilakukan untuk melatih dan membiasakan anggota HMTS dengan jiwa kepemimpinan.

“Sangat diharapkan mereka bisa tepat dalam menghitung dan merencakan, kemudian bisa mengaplikasikan apa yang mereka rencakan. Namu, terlebih dahulu mereka harus bisa memimpin diri mereka sendiri, sebelum mereka berani mengambil tanggung jawab lain,” terangnya.

Ia melanjutkan, dalam kegiatan tersebut dihadirkan para pemateri yang tidak hanya mampu berteori, tetapi juga telah teruji dalam mengaplikasikan teorinya. Ia berharap dengan hal tersebut, para peserta bisa mengambil banyak manfaat dari LK MASI IX tersebut. Dalam kegiatan itu juga, dilakukan coaching kepada para calon ketua HMTS yang akan mencalonkan dirinya pada periode Selanjutnya.

Ia berharap peserta LK MASI dapat mengaplikasikan apa yang mereka terima di kegiatan tersebut. Ia pun berharap kegiatan itu dapat menjadi sarana dalam pendewasaan diri anggota-anggota HMTS.

“Saya berharap agar seluruh peserta bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, karena dalam latihan kepemimpinan ini, kami memberikan materi retorika, manajemen seorang pemimpin, kepemimpinan, motivasi berlembaga, serta sistematika dan administrasi himpunan. Nah, diharapkan setelah kegiatan ini, seluruh peserta bisa semakin dewasa dan berani megambil tanggung jawab besar, seperti mencalonkan diri untuk menjadi ketua-ketua lembaga yang ada di Fakultas Teknik,” harap Zulkarnaen.

Ketua Panitia, Rizky Firmansya Mansoba, mengatakan bahwa kegiatan yang bertema “Membangun Jiwa Kepemimpinan Sebagai Aktualisasi dalam Mengembangkan Sikap Kritis yang Beretika” tersebut, bertujuan untuk melatih sikap kritis pada mahasiswa, namun tetap beretika. Ia pun berharap para peserta dapat meneruskan kepengurusan HMTS.

“Tujuannya untuk melatih teman-teman mahasiswa, khususnya mahasiswa Teknik Sipil agar mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik, kritis, beretika dan mempunyai skill dalam memimpin. Saya harap, mereka dapat menjadi kader-kader yang mampu melajutkan tongkat estafet himpunan,” harap Rizky. Vv