Mengawali Tahun Baru, Untad Gelar Rapat Kerja Tahun Anggaran 2020

Ket. Foto: Rapat kerja tahun anggaran 2020 (Foto: Ryan Muhammad, S.Ak/Humas Untad)

Mengawali tahun baru, Universitas Tadulako (Untad) gelar rapat kerja tahun anggaran 2020 bertajuk “Akselarasi Untad dalam Menyambut Tahun 2020 dalam Bingkai Harmonisasi Satu Untad Satu Keluarga”, pada Selasa (07/01) bertempat di Conference Room Media Centre Untad.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP dan dihadiri 231 peserta kegiatan yang terdiri dari Wakil Rektor (Warek), para Pimpinan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Koordinator Prodi, beberapa Dosen dan lainnya. Dalam kegiatan tersebut turut hadir pula Ketua Senat, Ketua Satuan Pengawas Internal, dan Ketua Dewan Pertimbangan Untad.

Dalam sambutannya, Dr Amiruddin Kade SPd MSi selaku ketua panitia kegiatan mengungkapkan bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada kesempatan tersebut, seperti pemaparan visi misi untad 2020-2045, pemaparan rencana strategi tahun 2020 dan penyampaian refleksi tahun 2019.

“Tahun 2020 adalah tahun dimana dimulai dengan dokumen-dokumen baru, visi baru, rencana strategis baru, dan rencana strategi bisnis yang baru. Maka dari itu dalam rapat kerja Untad 2020 ini akan ada pemaparan refleksi tahun 2019, dan rencana program tahun 2020 yang akan disampaikan oleh Pimpinan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro dan Ketua Lembaga yang ada di Untad,” ungkapnya.

Sementara itu, Prof Mahfudz dalam sambutannya menuturkan rasa terima kasihnya kepada seluruh keluarga besar Untad atas kebersamaan yang dibangun, dalam suasana yang harmonis terhadap pelayanan akademik yang baik di tahun 2019.

“Pada kesempatan ini secara pribadi dan atas nama pimpinan Untad, saya ingin berterima kasih kepada seluruh keluarga besar Untad atas kebersamaan selama ini yang telah membangun suasana yang harmonis. Sehingga di tahun 2019 kita bisa melakukan proses layanan dan akademik yang berjalan sesuai dengan harapan demi kemajuan Untad,” tuturnya.

Kemudian ia menambahkan bahwa seluruh pencapaian yang telah diraih Untad di tahun 2019 dapat dijadikan pelajaran guna melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

“Ada pernyataan yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik, saya kira itu patut kita pegang bahwa  pengalaman-pengalaman di tahun lalu bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Saatnya kita berpacu dengan waktu, jangan biarkan waktu berlalu tanpa diisi dengan aktivitas yang punya dampak postif untuk kemajuan Untad. Itulah sebabnya kita harus mengisi tahun 2020 dengan segala macam aktivitas yang arahnya untuk pengembangan Untad,” tambahnya Prof Mahfudz.

Lebih lanjut, Prof Mahfudz menyampaikan pentingnya untuk menjaga komunikasi yang harmonis bagi setiap civitas akademika Untad agar bisa menciptakan kekompakan dalam melakukan kinerja yang lebih baik.

“Kemudian komunikasi dan interaksi kita harus harmonis dan harus dijaga bersama. Apalah artinya seorang Rektor jika seluruh civitas akademika tidak menyatukan langkah. Tentu kita tidak akan mencapai hal yang menjadi sasaran kita. Olehnya itu saya pribadi selalu berusaha untuk selalu menjaga komunikasi dan menjaga interaksi, sehingga kebersamaan dan kekompakan bisa kita jaga,” ujarnya.

Usai menyampaikan sambutan, Prof Mahfudz langsung melanjutkan pada pemaparan Visi dan Misi Untad 2020-2045. Ia memaparkan Visi Untad yang baru ialah Universitas Tadulako menjadi Perguruan Tinggi berstandar internasional dalam mengembangkan IPTEKS berwawasan lingkungan hidup.

Sedangkan Misi yang baru yakni menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, modern, dan relevan menuju pencapaian standar internasional dalam pengembangan IPTEKS berwawasan lingkungan hidup, menyelenggarakan penelitian yang bermutu untuk pengembangan IPTEKS berwawasan lingkungan hidup, menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai pemanfaatan hasil pendidikan dan hasil penelitian yang dibutuhkan dalam pembangunan masyarakat, serta menyelenggarakan akan reformasi birokrasi dan kerja sama regional, nasional dan internasional.

Rektor juga menjelaskan bahwa yang menjadi poin penting dalan Visi dan Misi tersebut ialah menjadikan Untad sebagai Perguruan Tinggi yang berstandar internasional mulai dari infrastruktur hingga SDM serta tetap harus memiki kepedulian terhadap lingkungan.

“Di periode ini kita belum bertaraf internasional, namun kita akan berusaha secara bertahap untuk melangkah ke arah itu. Itulah semangat yang akan kita bangun bahwa Untad ke depan bisa meraih standar internasional. Dan hal yang menjadi fokus juga ialah Untad tetap harus memiliki kepedulian terhadap lingkungan internal kita,” jelasnya.

Ia juga menambahkan demi meningkatkan SDM Untad, ia akan memfasilitasi dosen dan pegawai yang akan berkuliah di Untad. Namun fasilitas itu hanya akan diberikan pada mereka yang sudah tidak berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari kementerian.

“Saya sebenarnya bercita-cita bagaimana supaya teman-teman dosen dan pegawai memiliki keinginan untuk meningkatkan kapasitasnya. Maka jika ingin melanjutkan studi di Untad kita akan fasilitasi dengan memberikan beberapa fasilitas yang tentu akan meringankan teman-teman. Tentu begitu juga dosen senior yang sudah tidak berkesempatan untuk mendapat beasiswa dari kementerian,” tambah Rektor.

Prof Mahfudz berharap dalam rapat kerja ini adanya penguatan dari Ketua Senat, Ketua Dewan Pertimbangan dan Ketua Pengawas Satuan Internal untuk memperkaya ide-ide yang akan disampaikan oleh para pemateri. Serta Untad harus melakukan penyesuaian anggaran di tahun 2020 karena ada perubahan terkait organisasi yang ada di Kementerian yang menaungi Universitas.

“Saya sangat mengharapkan rekomendasi ketua senat, ketua dewan pertimbangan, dan ketua satuan pengawas internal untuk memperkuat ide-ide yang disampaikan. Serta hari ini saya sangat berharap kita akan melakukan langkah-langkah penyesuaian anggaran kegiatan di tahun 2020, mengingat ada banyak hal-hal yang baru berkaitan dengan perubahan organisasi yang ada di Kementerian dan tentu kita harus melakukan penyesuaian dalam hal itu,” harap Rektor Untad tersebut.

Dalam rapat kerja tersebut dibagi menjadi 3 sesi untuk para pemateri menyampaikan refleksi 2019 dan rencana strategi 2020. Para pemateri tersebut yakni para wakil-wakil rector. AW

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here