Sylva Indonesia Pc. Untad Upayakan Rimbawan Berkualitas

Ket Foto: Foto bersama panitia dan peserta inagurasi XXI Sylva Indonesia Pc. Untad usai kegiatan pelantikan Rimbawan (Foto: Dok. Panitia Penyelenggara)

Jumat s.d Ahad (10-12/01) – Sylva Indonesia Pc. Untad, organisasi himpunan mahasiswa Fakultas Kehutanan ini melaksanakan inagurasi yang ke-XXI. Kegiatan yang diikuti 75 peserta angakatan 2018 dan 2019 tersebut, dilaksanakan di Desa Labuan Kungguma.

Ketua Sylva Indonesia Pc. Untad, Ongky¸ menuturkan bahwa inagurasi tersebut merupakan tahapan awal pada keanggotaan Sylva Indonesia Pc. Untad. Ia mengatakan kegiatan tersebut bertujuan membiasakan para angota Sylva Indonesia Pc. Untad dengan kegiatan-kegiatan yang akan mereka jalani sebagai mahasiswa Kehutanan.

“Inagurasi merupakan kegiatan tahapan awal pengkaderan rimbawan, sebelum memasuki tahapan inisiasi wanarawan. Kegiatan inagurasi bertujuan memberikan pemahaman tentang ilmu kehutanan, membentuk mental dan melatih ketahanan fisik daripada calon seorang rimbawan, juga meningkatkan jiwa korsa (komando satu rasa). Sehingga, nantinya mereka akan terbiasa turun ke lapangan, dalam hal ini hutan,” tuturnya.

Ongky melanjutkan, kegiatan Inagurasi Silva Indonesia PC. Untad kali ini, juga turut melibatkan lembaga kesehatan untuk memastikan kesehatan para pesertanya. Ia pun berharap, agar Inagurasi di tahun-tahun mendatang dapat melibatkan instansi yang lebih besar lagi.

“Untuk inagurasi ke-21 ini, kami bekerja sama dengan STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) untuk mengecek kesehatan peserta sebelum memasuki kegiatan. Karena hal ini sudah menjadi tanggung jawab kami untuk mengetahui penyakit peserta yang memang betul-betul parah, agar mengurangi risiko kecelakaan di lapangan. Selain itu, untuk ke depannya, saya berharap kegiatan ini menjadi lebih baik lagi, apa yang mungkin menjadi kekurangan harus terus diperbaiki. Sehingga, ke depannya juga, saya berharap untuk kegiatan ini, Silva Indonesia PC Untad bisa berkolaborasi dengan instansi pemerintah dan lembaga-lembaga kemahasiswaan lainnya,” harapnya.

Anjas selaku ketua panitia, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut, merupakan kegiatan wajib tahunan Silva Indonesia PC Untad mengusung tema “Membentuk Etika, serta Meningkatkan Jiwa Korsa Melalui Kaderisasi Calon Rimbawan”. Olehnya, ia berharap, ingurasi kali Ini dapat melahirkan kader-kader mahasiswa Kehutanan yang berkualitas.

“Ini adalah kepengurusan himpunan mahasiswa Fakultas Kehutanan yaitu Sylva Indonesia Pc Untad. Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan rimbawan-rimbawan, tempat bersatunya mahasiswa kehutanan dan menambah wawasan, serta pengalaman tentang rimbawan. Selaku ketua panitia, saya berharap peserta bisa menerapkan hasil dari pengkaderan ini dimana saja dan mereka bisa paham tentang semua yang diberikan di inagurasi ini,” tutupnya.Vv

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here