Untad Buka Jalur Prestasi Pendaftaran Mahasiswa Baru 2020

Ket. Foto: Pertemuan pihak Untad dan Dinas Pendidikan Provinsi, berkaitan dengan Jalur Prestasi Pendaftaran Mahasiswa Baru (Foto: dok. Narasumber)

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 1762/UN28/KM/2020, Universitas Tadulako (Untad) di sektor kemahasiswaan, tahun ini akan melaksanakan Program Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) Melalui Jalur Prestasi.

Ditemui reporter Media Tadulako di ruangannya pada Kamis (12/03), Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP, menuturkan bahwa keputusan yang dikeluarkan sejalan dengan peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) No. 6 Tahun 2020 Pasal 3 ayat 1C.

“Tujuan program ini agar, mahasiswa berprestasi yang tak tersaring lewat jalur Seleksi Negeri dan Seleksi Bersama dapat dideteksi lewat penerimaan jalur berprestasi. Dan program ini sesuai dengan program kementrian, dimana penerimaan Maba sudah ada pola yang sedikit berubah dengan pola lama, dimana seleksi Mandiri diganti dengan seleksi lainnya, sesuai dengan Perguruan Tinggi masing-masing,” tuturnya.

Rektor juga menambahkan bahwa, program ini juga sesuai dengan visi misinya agar Untad memiliki mahasiswa yang punya bakat dan berpotensi.

“Program ini merupakan program utama yang dilaksanakan kemahasiswaan, sesuai visi dan misi saya, agar kita bisa memiliki mahasiswa yang punya bakat dan potensi, tidak susah lagi untuk mendeteksi dan menjaring mahasiswa yang berprestasi dan berbakat,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (Warek Bima), Dr Ir Sagaf MP menjelaskan bahwa program ini merupakan jalur masuk tanpa tes, dengan syarat prestasi nasional.

“Program Untad, di sektor kemahasiswaan ini, tahun ini akan menerima mahasiswa baru dengan prestasi nasional yang terdiri dari minat bakat, baik itu seni dan olahraga, penalaran dalam hal ini pengetahuan, agama, budaya, kreativitas dan seterusnya,” katanya.

Dr Sagaf mengatakan selama siswa yang mendaftar memiliki prestasi tingkat nasional, siswa dapat mendaftar melalui jalur mandiri, dengan beberapa berkas sebagai syarat masuk.

“Siswa yang berprestasi di nasional silahkan mendaftar melalui jalur mandiri dan memilih fakultas maupun program studi yang diminati, dengan syarat berkas-berkas yang telah ditentukan. Saat diverifikasi oleh tim masuk Untad dan dirasa pantas siswa akan resmi menjadi mahasiswa di Untad,” jelasnya.

Program ini sudah disampaikan ke Dinas Pendidikan Provinsi, untuk kerja sama dalam hal sosialisasi di seluruh Sekolah Menengah Atas di Sulawesi Tengah, dan Warek Bima berharap agar program ini dapat menjadi salah satu bentuk apresiasi pada siswa yang berprestasi dalam mengejar harapan dan cita-cita. Adr