Untad Gelar Workshop Pengembangan Sistem Informasi Bersama Telkom University

Ket. Foto: Pemateri Workshop Pengembangan Sistem Informasi (Foto: Ryan Muhamad, S.Ak/Humas Untad)

Bertempat di Media Center Lantai II Untad, Acara Workshop dengan tema “Pengembangan Sistem Informasi” digelar pada Kamis (16/01) dengan menghadirkan narasumber asal Telkom University yang turut dihadiri peserta Workshop diantaranya para Wakil Rektor, Kepala UPT, Kepala Biro, dan para Dekan.

Dalam sambutannya, Dr Lukman Nadjamuddin MHum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek Bidak) menyambut hangat para pemateri asal Telkom University, diantaranya Soni Fajar Surya Gumilang selaku Manager Solusi Teknologi – BTP beserta tim lainnya, diantaranya Widi Try Yuwono (Kabag Infrastruktur), Tuntun Aditara M (Staf Data Center) dan Doni (Stay Solusi Teknologi).

“Workshop ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Rektor, Wakil Rektor dan beberapa Dekan beberapa waktu lalu saat mengunjungi Telkom University. Sehingga menginspirasi Rektor untuk menindak lanjuti hasil kunjungan tersebut untuk di terapkan di Universitas Tadulako dalam bidang pengembangan Sistem Informasi,” papar Dr Lukman.

Sementara itu, Soni Fajar Surya Gumilang menuturkan dalam materinya terkait iGracias yang diterapkan di Universitas Swasta yang telah berstandar International di Indonesia tersebut, bahwa Gracias merupakan portal sistem layanan informasi yang merupakan platform layanan proses pendidikan dan pengelolaan kampus secara terintegrasi.

“Hampir seluruh layanan pendidikan, baik proses akademik maupun pendukung dijalankan dengan berbasis iGracias. Akses menuju iGracias dapat dilakukan dengan menggunakan Single Account dan Single Sign On (SSO) diberikan kepada para pengelola, dosen, mahasiswa, orang tua mahasiswa dan staf tenaga kependidikan, dengan masing-masing memiliki hak akses jenis-jenis sesuai kelompok pengguna (user group),” tutur Soni Fajar Surya Gumilang.

Lebih lanjut, Soni Fajar Surya Gumilang menjelaskan, untuk bisa login pada aplikasi tersebut, mahasiswa akan menggunakan akun iGracias yang biasa dipakai pada iGracias Website atau lebih dikenal dengan akun SSO. Aplikasi yang diusut oleh Direktorat Sistem Informasi ini, hadir dengan membawa berbagai macam fitur unggulannya yang menunjang proses belajar-mengajar di Telkom University.

“Untuk mahasiswa, tersedia beberapa menu yang data-datanya terintegrasi dengan data-data yang telah terinput di iGracias Website, diataranya  Profil Pengguna, Data Akademik, Jadwal Kuliah, Jadwal Ujian, Status Kehadiran, Status Keuangan, Status Tap RFID, Info Pengumuman dari iGracias, Lowongan Pekerjaan, dan Events Information System. Adapun menu yang tersedia untuk dosen adalah Profil Pengguna, Data mahasiswa yang Diajar, Data mahasiswa Wali, Jadwal Kuliah, Status TapRFID, Info Pengumuman dari iGracias, Lowongan Kerja, dan Event Information System,” jelasnya.

Masih dalam materi Soni, bahwa menu yang memfasilitasi orang tua mahasiswa ada beberapa fitur, diantaranya Profil Pengguna, Data Akademik Anak, Jadwal Kuliah Anak, Jadwal Ujian Anak, Status Kehadiran Anak, Status Keuangan Anak, Status TapRFID Anak, Info Pengumuman dari iGracias, Lowongan Kerja, Events Information System. Sedangkan  menu terakhir yang disediakan untuk pegawai, jumlahnya lebih terbatas dibandingkan dengan menu yang disediakan untuk pengguna lainnya. Profil Pengguna Status TapRFID Info Pengumuman dari iGracias Lowongan Kerja, Events Information System.

Selain membahas soal iGracias, Pemateri lainnya membahas terkait accsess devices, logical topology serta Bagian Infrastruktur Teknologi Informasi dsb. AA

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here